Wednesday, 27 October 2010

Michel Foucault

Michel Foucault (pengucapan Perancis: [miʃɛl fuko] ), lahir Paul-Michel Foucault (15 Oktober 1926 - 25 Juni 1984), adalah seorang Perancisfilsuf , sosiolog , dan sejarawan . Ia memegang kursi di bergengsi College de France dengan judul "Sejarah Sistem Pemikiran," dan juga mengajar di Universitas di Buffalo dan University of California, Berkeley .

Foucault yang paling dikenal karena studi kritis sosial institusi , terutama psikiatri , kedokteran , dengan ilmu manusia , dan sistem penjara, serta untuk karyanya pada sejarah seksualitas manusia . Tulisan-tulisannya pada kekuasaan , pengetahuan, dan wacana telah banyak dibahas dan diambil oleh orang lain. Pada tahun 1960 Foucault dikaitkan dengan strukturalisme , sebuah gerakan dari mana ia menjauhkan diri. Foucault juga menolak pascastrukturalis dan postmodernis label kemudian dikaitkan dengannya, memilih untuk mengklasifikasikan pemikiran sebagai sejarah kritis modernitas berakar pada Kant . Foucault's proyek ini terutama dipengaruhi oleh Nietzsche , "nya" silsilah pengetahuan sindiran langsung ke Nietzsche "silsilah moralitas" . Dalam sebuah wawancara akhir dia secara definitif menyatakan: "Saya seorang Nietzschean." [1]

Pada tahun 2007 Foucault tercatat sebagai dikutip sarjana yang paling dalam humaniora oleh The Times Higher Education Guide. [2]

Biografi

[ sunting ]Awal kehidupan

Foucault lahir pada tanggal 15 Oktober 1926 di Poitiers , Perancis Paul-Michel Foucault untuk sebuah keluarga provinsi terkemuka. Ayahnya, Paul Foucault, adalah terkenal ahli bedahdan berharap anaknya akan bergabung dalam profesi. [3] pendidikan awal Nya adalah campuran dari keberhasilan dan biasa-biasa saja sampai ia menghadiri Jesuit College Saint-Stanislas, di mana ia unggul. [4 ] [5] Selama periode ini, Poitiers adalah bagian dari Vichy Perancis dan kemudian berada di bawah pendudukan Jerman. Setelah Perang Dunia II , Foucault dibawa ke bergengsi École Normale Supérieure (rue d'Ulm), pintu gerbang tradisional ke akademik karir di humaniora di Perancis .

[ sunting ]The École Normale Supérieure

kehidupan pribadi Foucault selama École Normale sulit-ia menderita depresi akut . [6] Sebagai hasilnya, ia dibawa ke menemui psikiater. Selama waktu ini, Foucault menjadi terpesona dengan psikologi . Beliau memperoleh lisensi (setara derajat BA) dalam psikologi, baru kualifikasi yang sangat di Prancis pada saat itu, di samping gelar dalam filsafat, pada tahun 1952.Ia terlibat dalam kelompok klinis psikologi, yang terkena dia untuk pemikir seperti Ludwig Binswanger .

Foucault adalah seorang anggota Partai Komunis Perancis 1950-1953. Ia dilantik ke pesta dengan mentornya Louis Althusser , tetapi segera menjadi kecewa dengan baik politik dan filosofi partai. [7] Berbagai orang, seperti sejarawan Emmanuel Le Roy Ladurie , telah melaporkan bahwa Foucault tidak pernah secara aktif berpartisipasi dalam Surat sel, tidak seperti banyak dari sesama anggota partai.

[ sunting ]Awal karir

Foucault gagal di agregation pada tahun 1950 tetapi mengambil lagi dan berhasil pada tahun berikutnya. Setelah periode singkat ceramah di École Normale, ia mengambil sebuah posisi pada Nord Lille Université de France , di mana 1953-1954 ia mengajar psikologi. Pada tahun 1954 Foucault menerbitkan buku pertamanya, Maladie mentale et personnalité, sebuah karya ia kemudian Disavowed. Pada titik ini, Foucault tidak tertarik dalam karir mengajar, dan melakukan pengasingan panjang dari Perancis. Pada tahun 1954 ia menjabat Perancis sebagai delegasi budaya ke Universitas Uppsala di Swedia (posisi diatur untuknya oleh Georges Dumézil , yang menjadi teman dan mentor). Pada tahun 1958 Foucault meninggalkan Uppsala dan sebentar memegang posisi di Universitas Warsawa dan di Universitas Hamburg .

Foucault kembali ke Perancis pada tahun 1960 untuk menyelesaikan gelar doktor dan mengambil pasca di filsafat di Universitas Clermont-Ferrand . Di sana ia bertemu filsuf Daniel Defert, yang akan menjadi kekasihnya dua puluh tahun. [8] Pada 1961 ia menerima gelar doktornya dengan mengajukan dua tesis (seperti kebiasaan di Perancis): sebuah "besar" tesis berjudul Folie et déraison: Histoire de la Folie à l'Classique umur (Madness and Insanity: Sejarah Madness di Zaman Klasik) dan "sekunder" tesis yang melibatkan terjemahan, dan komentar tentang Kant Antropologi dari Pragmatis Point of View Insanity. Folie et déraison (Madness dan - diterbitkan dalam edisi ringkasan dalam bahasa Inggris sebagai Madness and Civilization dan akhirnya diterbitkan lengkap sebagai "Sejarah Madness" oleh Routledge pada tahun 2006) sangat diterima dengan baik. Foucault terus jadwal penerbitan yang kuat.Pada tahun 1963 ia menerbitkan Naissance de la Clinique ( Lahirnya Klinik ), Raymond Roussel , dan penerbitan ulang volume nya 1954 (kini berhak Maladie mentale et psychologieatau, dalam bahasa Inggris, "Penyakit Mental dan Psikologi"), yang lagi-lagi, ia kemudian Disavowed.

Setelah Defert telah diposting ke Tunisia untuk nya dinas militer , Foucault pindah ke posisi di Universitas Tunis pada tahun 1965. Ia menerbitkan Les Mots et les choses ( The Order of Things ) selama puncak kepentingan dalam strukturalisme pada tahun 1966, dan Foucault segera dikelompokkan dengan cendekiawan seperti Jacques Lacan , Claude Levi-Strauss , dan Roland Barthes sebagai terbaru, gelombang terbaru pemikir diatur untuk menggulingkan eksistensialisme dipopulerkan oleh Jean-Paul Sartre . Foucault membuat sejumlah komentar skeptis tentang Marxisme, yang marah sejumlah kritikus sayap kiri, tetapi kemudian tegas menolak "strukturalis" label. [9] Ia masih di Tunis saat kerusuhan Mei mahasiswa 1968, di mana ia sangat dipengaruhi oleh pemberontakan mahasiswa lokal sebelumnya di tahun yang sama. Pada musim gugur tahun 1968 ia kembali ke Perancis, di mana ia menerbitkanL'archéologie du savoir ( The Arkeologi Pengetahuan ) - respon metodologis untuk kritik - pada tahun 1969.

[ sunting ]Pasca-1968: sebagai aktivis

Dalam setelah tahun 1968, pemerintah Prancis menciptakan sebuah universitas percobaan baru, Paris VIII , di Vincennes dan diangkat Foucault kepala pertama dari departemen filsafat pada bulan Desember tahun itu. [10] Foucault ditunjuk kiri akademisi muda sebagian besar (seperti Judith Miller ) yang memprovokasi radikalisme Departemen Pendidikan, yang menolak fakta bahwa banyak dari judul saja mengandung frase "Marxis-Leninis," dan yang memutuskan bahwa siswa dari Vincennes tidak akan memenuhi syarat untuk menjadi guru sekolah menengah. [11] Foucault terkenal juga bergabung siswa di gedung administrasi menduduki dan berkelahi dengan polisi.

Foucault's kepemilikan di Vincennes berumur pendek, seperti pada tahun 1970 ia terpilih dengan akademik tubuh yang paling bergengsi Prancis, di College de France , sebagai Guru Besar Sejarah Sistem Pemikiran. keterlibatan politiknya meningkat, dan rekannya Defert bergabung dengan ultra- Maois Gauche Proletarienne (GP). Foucault membantu menemukanPenjara Kelompok Informasi ( Perancis : Groupe d'Information sur les Penjara atau GIP) untuk menyediakan jalan bagi tahanan untuk menyuarakan keprihatinan mereka. Hal ini bertepatan dengan giliran Foucault untuk mempelajari lembaga disiplin, dengan buku, Surveiller et Punir ( Disiplin dan Menghukum ), yang "menceritakan" the-kekuatan struktur mikro yang berkembang di masyarakat Barat sejak abad kedelapan belas, dengan fokus khusus pada penjara dan sekolah .

[ sunting ]Kemudian kehidupan

Pada akhir 1970-an, aktivisme politik di ekor dari Prancis dengan kekecewaan banyak intelektual sayap kiri. [12] Sejumlah Maois muda meninggalkan keyakinan mereka untuk menjadi apa yang disebut filsuf Baru , sering mengutip Foucault sebagai pengaruh utama mereka, status Foucault memiliki berbagai perasaan mengenai. [13] Foucault dalam periode ini memulai proyek enam jilid Sejarah Seksualitas , yang ia tidak pernah selesai. volume pertamanya diterbitkan dalam bahasa Perancis sebagai La Volonté de savoir (1976), kemudian dalam bahasa Inggris sebagai The Sejarah Seksualitas: Sebuah Pengantar (1978). Volume kedua dan ketiga tidak muncul selama delapan tahun, dan mereka terkejut pembaca dengan materi pelajaran (teks Yunani dan Latin klasik), pendekatan dan gaya, khususnya Foucault fokus pada subjek manusia, sebuah konsep bahwa beberapa keliru percaya bahwa ia telah sebelumnya diabaikan.

Foucault mulai menghabiskan lebih banyak waktu di Amerika Serikat , di University at Buffalo (tempat ia kuliah di pertama yang pernah berkunjung ke Amerika Serikat pada tahun 1970) dan terutama di UC Berkeley . Pada tahun 1975 ia mengambil LSD di Zabriskie Point di Taman Nasional Death Valley , kemudian menyebutnya pengalaman terbaik dalam hidupnya. [14]

Pada tahun 1979 Foucault membuat dua tur Iran , melakukan wawancara ekstensif dengan protagonis politik dalam mendukung baru pemerintah sementara dibentuk segera setelahRevolusi Iran . banyak esai-Nya di Iran, diterbitkan dalam surat kabar Italia Corriere della Sera, hanya muncul di Prancis pada tahun 1994 dan kemudian dalam bahasa Inggris pada tahun 2005. Esai ini menimbulkan kontroversi beberapa, dengan beberapa komentator berpendapat bahwa Foucault tidak cukup kritis terhadap rezim yang baru. [15]

Dalam tahun-tahun kemudian filsuf, penafsir karya Foucault mencoba untuk terlibat dengan masalah yang disajikan oleh kenyataan bahwa akhir Foucault tampak dalam ketegangan dengan pekerjaan sebelumnya filsuf. Ketika masalah ini dibesarkan dalam sebuah wawancara tahun 1982, Foucault mengatakan, "Ketika orang mengatakan, 'Well, Anda pikir ini beberapa tahun yang lalu dan sekarang Anda mengatakan sesuatu yang lain,' adalah jawaban saya ... [tertawa] 'Well, kau kira aku bekerja keras bertahun-tahun untuk mengatakan hal yang sama dan tidak dapat diubah? '" [16] Ia menolak untuk mengidentifikasi dirinya sebagai seorang filsuf, sejarawan, strukturalis, atau Marxis, mempertahankan bahwa "Perhatian utama dalam kehidupan dan bekerja adalah menjadi lain yang Anda tidak dalam. awal seseorang " [16] Dalam nada yang sama, ia lebih suka untuk tidak mengklaim bahwa ia menyajikan dan abadi blok koheren pengetahuan; ia lebih diinginkan buku-bukunya "untuk menjadi semacam alat-kotak orang lain dapat menggeledah untuk menemukan alat yang dapat mereka gunakan namun mereka ingin di daerah mereka sendiri ... saya tidak menulis untuk penonton, saya menulis untuk pengguna, bukan pembaca. " [17]

Pada tahun 1992 James Miller menerbitkan biografi Foucault yang disambut dengan kontroversi sebagian karena klaimnya yang pengalaman Foucault dalam komunitas sadomasochism gay selama waktu ia mengajar di Berkeley langsung dipengaruhi politik dan filosofis karya-karyanya. [18] buku Miller telah sebagian besar telah ditegur oleh para sarjana Foucault sebagai baik hanya salah arah, [19] pembacaan mesum hidupnya dan karya, [20] [21] atau sebagai, disengaja termotivasi salah membaca politik. [22] [23]

Foucault meninggal karena AIDS terkait penyakit-di Paris pada tanggal 25 Juni 1984. Dia adalah kepribadian Perancis pertama tinggi profil yang dilaporkan telah AIDS. Sedikit yang diketahui tentang penyakit pada waktu itu [24] dan ada kontroversi beberapa sejak. [25] Di-halaman artikel depan Le Monde mengumumkan kematiannya, tidak ada disebutkan tentang AIDS, meskipun tersirat bahwa dia meninggal dari infeksi besar. Sebelum kematiannya, Foucault telah menghancurkan sebagian besar manuskrip, dan dalam kehendak-Nya telah melarang publikasi apa yang mungkin telah diabaikan. [18]

[ sunting ]Pekerjaan

[ sunting ]Madness and Civilization

Edisi Bahasa Inggris dari Madness and Civilization adalah versi singkat dari Folie et déraison: Histoire de la Folie à l'Classique usia, aslinya diterbitkan pada tahun 1961. Sebuah terjemahan dalam bahasa Inggris berjudul The History of Madness sejak itu telah diterbitkan oleh Routledge tahun 2006. [26] "Folie et deraison" berasal sebagai doktor disertasi's Foucault; [27] ini adalah besar buku pertama Foucault, sebagian besar ditulis sementara ia adalah Direktur Maison de France di Swedia. Itu menguji gagasan, praktik, lembaga, seni dan sastra yang berkaitan dengan kegilaan dalam sejarah Barat. [28]

Foucault mulai sejarahnya di Abad Pertengahan , mencatat dan fisik pengucilan sosial penderita kusta . [28] Dia berpendapat bahwa dengan hilangnya bertahap kusta, kegilaan datang untuk menempati posisi ini dikecualikan. Ini kapal bodoh di abad 15 adalah versi sastra satu praktek eksklusif seperti itu, yaitu bahwa pengiriman orang gila jauh di kapal. Di Eropa abad ke-17, dalam sebuah gerakan Foucault terkenal yang disebutnya "Great Inap," "masuk akal" anggota masyarakat yang dilembagakan. [29] Pada abad kedelapan belas, kegilaan datang untuk dilihat sebagai kebalikan dari Reason, dan, akhirnya, pada abad kesembilan belas sebagai penyakit mental .

Foucault juga berpendapat kegilaan yang dibungkam oleh Alasan, kehilangan kekuatannya untuk menandai batas-batas tatanan sosial dan untuk menunjukkan kebenaran. Dia memeriksa munculnya ilmiah dan "kemanusiaan" perlakuan orang gila, terutama di tangan Philippe Pinel dan Samuel Tuke yang ia menyarankan memulai konseptualisasi kegilaan 'sebagai mental' penyakit. Dia menyatakan bahwa pengobatan baru pada kenyataannya tidak kurang mengontrol dari metode sebelumnya. Pinel perawatan 's dari gila sebesar sebuah diperpanjang keengganan terapi , termasuk terapi seperti mandi pembekuan dan penggunaan sebuah jaket. Dalam Pandangan Foucault, pengobatan ini sebesar kebrutalan diulang sampai pola penghakiman dan hukuman itu diinternalisasi oleh pasien.

[ sunting ]Kelahiran Klinik

Foucault utama buku kedua, Kelahiran Klinik: Suatu Arkeologi Kedokteran Persepsi (Naissance de la Clinique: une archéologie du hal medis) diterbitkan pada tahun 1963 di Perancis, dan diterjemahkan ke bahasa Inggris pada tahun 1973. Mengambil dari Madness and Civilization, Kelahiran jejak Klinik pengembangan profesi medis, dan khususnya institusi Clinique(diterjemahkan sebagai "klinik", tapi di sini sebagian besar merujuk ke rumah sakit mengajar). motif adalah konsep tersebut berkaitan medis (diterjemahkan oleh Alan Sheridan sebagai "medis tatapan "), tradisional terbatas pada kecil, lembaga-lembaga khusus seperti rumah sakit dan penjara, tetapi yang menundukkan Foucault mengkaji sebagai ruang sosial yang lebih luas, yang mengatur populasi secara massal. [30]

[ sunting ]Kematian dan The Labyrinth

Kematian dan Labyrinth: The World of Raymond Roussel diterbitkan pada tahun 1963, dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada tahun 1986. Hal ini unik, yang bekerja hanya buku-panjang Foucault tentang sastra. Untuk Foucault ini adalah "sejauh buku saya menulis paling mudah dan dengan senang hati." Di sini, Foucault mengeksplorasi teori, kritik dan psikologi melalui teks-teks Raymond Roussel , salah seorang bapak tulisan eksperimental, yang karyanya telah dirayakan oleh orang-orang seperti Cocteau , Duchamp , Breton ,Robbe-Grillet , Gide dan Giacometti .

[ sunting ]The Order of Things

Foucault Les Mots et les choses. Une des archéologie humaines ilmu diterbitkan pada tahun 1966. Ini diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan diterbitkan oleh Pantheon Books pada tahun 1970 di bawah judul The Order of Things: Sebuah Arkeologi dari Ilmu Pengetahuan Manusia. Foucault lebih suka L'Ordre des choses untuk judul Perancis asli, tetapi berubah sebagai sudah ada buku lain dengan nama itu. Pekerjaan luas bertujuan untuk memberikan anti-humanis penggalian ilmu-ilmu manusia, seperti sosiologi dan psikologi . Ini membuka dengan diskusi panjang Diego Velázquez lukisan ' Las Meninas dan Teman-kompleks pengaturan lukisan penglihatan-garis, hiddenness dan penampilan. [31] Ia kemudian mengembangkan tesis sentral: semua periode sejarah telah memiliki kondisi yang mendasarinya spesifik kebenaran yang meliputi apa yang bisa dinyatakan sebagai wacana (misalnya untuk seni, ilmu pengetahuan, budaya, dll). Foucault berpendapat bahwa kondisi ini wacana telah berubah dari waktu ke waktu, dalam dan relatif tiba-tiba perubahan besar, dari satu periode's episteme yang lain. [32] Foucault Nietzschean kritik nilai-nilai Pencerahan di Les et mots choses les telah sangat berpengaruh dalam sejarah budaya. [ 33] Di dalam buku ini bahwa Foucault mengklaim bahwa "hanya manusia adalah penemuan baru" dan bahwa "akhir manusia" sudah dekat. [34] Buku membuat Foucault tokoh intelektual terkemuka di Perancis. [35]

[ sunting ]The Arkeologi Pengetahuan

Published in 1969, buku ini adalah utama kunjungan's Foucault dalam metodologi , yang ditulis sebagai lampiran macam ke Les Mots et les choses. [36] Hal ini membuat referensi ke Anglo-Amerika filsafat analitis , khususnya tindak tutur teori.

Foucault mengarahkan analisisnya terhadap "pernyataan" (enonce), unit dasar dari wacana . "Laporan" memiliki arti khusus dalam Arkeologi: itu menandakan apa yang membuatproposisi , tuturan , atau tindak tutur yang bermakna. Berbeda dengan klasik strukturalis , Foucault tidak percaya bahwa makna unsur semantik ditentukan sebelum artikulasi mereka.[37] Dalam pengertian ini, laporan itu sendiri tidak proposisi , tuturan , atau tindak tutur. Sebaliknya, pernyataan merupakan sebuah jaringan aturan menetapkan apa yang bermakna, dan aturan ini adalah prasyarat untuk proposisi, tuturan, atau tindak tutur untuk memiliki makna . Namun, pernyataan ini juga 'peristiwa', karena, seperti aturan lain, mereka muncul pada beberapa waktu. Tergantung pada apakah atau tidak sesuai dengan aturan ini makna, kalimat tata bahasa yang benar mungkin masih kurang makna dan, terbalik, kalimat gramatikal yang salah mungkin masih bermakna. Pernyataan tergantung pada kondisi di mana mereka muncul dan ada dalam bidang wacana, makna pernyataan sangat bergantung pada suksesi pernyataan yang mendahului dan mengikutinya. [37] Foucault bertujuan analisisnya terhadap dispersi terorganisir besar laporan, disebut formasi diskursif. Foucault menegaskan kembali bahwa analisis dia menguraikan hanya satu prosedur yang mungkin, dan bahwa dia tidak mencari untuk menggantikan cara lain untuk menganalisis wacana atau membuat mereka sebagai tidak valid.

Menurut Dreyfus dan Rabinow, Foucault tidak kurung hanya karena masalah kebenaran (lih. Husserl ), ia juga kurung keluar masalah makna . [38] Daripada mencari arti yang lebih dalam di bawah wacana atau mencari sumber makna dalam beberapa transendental subjek, Foucault menganalisis kondisi diskursif dan praktis bagi keberadaan kebenaran dan makna. Untuk menunjukkan prinsip-prinsip dan produksi makna kebenaran dalam berbagai formasi diskursif, ia rincian bagaimana klaim kebenaran muncul selama berbagai zaman berdasarkan apa yang sebenarnya dikatakan dan ditulis selama periode ini. Ia terutama menggambarkan Renaissance , dengan Abad Pencerahan , dan abad ke-20. Ia berusaha untuk menghindari penafsiran semua dan untuk menyimpang dari tujuan hermeneutika . Ini tidak berarti bahwa Foucault mencela kebenaran dan makna, tetapi hanya bahwa kebenaran dan makna tergantung pada sarana diskursif dan praktis historis kebenaran dan makna produksi. Misalnya, meskipun mereka sangat berbeda selama Pencerahan sebagai lawan Modernitas, memang ada makna, kebenaran dan pengobatan yang benar dari kegilaan selama kedua zaman (Madness and Civilization). postur ini memungkinkan Foucault untuk mencela suatukonsep apriori tentang sifat subjek manusia dan fokus pada peran praktek diskursif dalam merupakan subjektivitas.

Dispenser dengan menemukan arti yang lebih dalam di belakang wacana muncul untuk memimpin Foucault terhadap strukturalisme . Namun, sedangkan pencarian strukturalis untuk homogenitas pada entitas diskursif, Foucault berfokus pada perbedaan. [39] Alih-alih bertanya apa yang merupakan kekhususan dari Eropa mengira dia bertanya apa yang merupakan perbedaan yang dikembangkan di dalamnya dan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, sebagai metode historis, ia menolak untuk memeriksa laporan di luar konteks sejarah mereka: pembentukan diskursif. Yang dimaksud dengan pernyataan tergantung pada aturan umum yang menjadi ciri formasi diskursif mana ia berasal. Sebuah formasi diskursif terus menghasilkan pernyataan baru, dan beberapa antar ini dalam perubahan dalam formasi diskursif yang mungkin atau mungkin tidak diadopsi. Oleh karena itu, untuk menggambarkan formasi diskursif, Foucault juga berfokus pada wacana diusir dan lupa bahwa tidak pernah terjadi untuk mengubah formasi diskursif. perbedaan mereka pada wacana dominan juga menggambarkannya. Dengan cara ini kita dapat menjelaskan sistem tertentu yang menentukan jenis pernyataan muncul. Dalam karyanya Foucault (1986), Deleuze menjelaskantentang Arkeologi Pengetahuan sebagai "menentukan langkah yang paling belum diambil dalam praktek-teori multiplicities . " [40]

[ sunting ]Disiplin dan Menghukum

Disiplin dan Menghukum: Kelahiran dari Penjara diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada tahun 1977, dari Prancis Surveiller et punir: Naissance de la penjara, yang diterbitkan pada tahun 1975. Buku ini dibuka dengan gambaran grafis dari eksekusi publik brutal pada tahun 1757 dari Robert-François Damiens , yang berusaha untuk membunuh Louis XV . Terhadap ini mendampingkan jadwal penjara berwarna dari hanya lebih dari 80 tahun kemudian. Foucault kemudian bertanya bagaimana seperti perubahan dalam hukuman masyarakat Perancis terhadap narapidana bisa berkembang dalam waktu singkat. Ini adalah snapshot dari dua jenis kontras Foucault "Technologies Hukuman." Tipe pertama, "Hukuman monarki," melibatkan penindasan rakyat melalui menampilkan publik brutal eksekusi dan penyiksaan . The "Hukuman disiplin,", kedua adalah apa yang Foucault mengatakan dipraktekkan di era modern.Disiplin memberikan hukuman "profesional" (psikolog, fasilitator program, petugas pembebasan bersyarat, dll) kekuasaan atas napi, terutama di panjang tahanan tinggal tergantung pada penilaian para profesional '. Foucault melanjutkan dengan menyatakan bahwa hukuman Disiplin mengarah pada diri kepolisian oleh rakyat sebagai lawan menampilkan brutal kewenangan dari periode monarkis.

Foucault juga membandingkan masyarakat modern dengan Jeremy Bentham s '" penjara yg bentuknya bundar desain "untuk penjara (yang belum direalisasi dalam bentuk aslinya, tapi tetap berpengaruh): di penjara yg bentuknya bundar, seorang penjaga tunggal dapat menjaga banyak tahanan sementara penjaga tetap tak terlihat. Kuno penjara telah diganti dengan yang jelas dan terlihat, tetapi Foucault memperingatkan bahwa "visibilitas adalah perangkap." Ini adalah melalui visibilitas ini, Foucault menulis, bahwa masyarakat modern latihan sistem pengendali kekuasaan dan pengetahuan (istilah Foucault diyakini begitu mendasar dihubungkan bahwa ia sering digabungkan dalam konsep ditulis dgn tanda penghubung tunggal, "pengetahuan-kekuasaan"). Meningkatkan visibilitas mengarah ke kekuasaan terletak pada tingkat semakin individual, ditunjukkan dengan kemungkinan bagi lembaga untuk melacak individu sepanjang hidup mereka. Foucault menunjukkan bahwa "kontinum carceral" berjalan melalui masyarakat modern, dari penjara keamanan maksimum, melalui akomodasi yang aman, masa percobaan, pekerja sosial, polisi, dan guru, untuk bekerja sehari-hari kita dan kehidupan domestik. Semua dihubungkan oleh pengawasan (sengaja atau tidak sengaja) (pengawasan, penerapan norma-norma perilaku yang dapat diterima) dari beberapa manusia oleh orang lain.

[ sunting ]Sejarah Seksualitas

Tiga volume Sejarah Seksualitas diterbitkan sebelum kematian Foucault pada tahun 1984. Dan yang paling direferensikan volume pertama, The Will Pengetahuan (sebelumnya dikenal sebagai Pengantar dalam bahasa Inggris - Histoire de la sexualité, 1: la volonté de savoir dalam bahasa Perancis) diterbitkan di Perancis pada tahun 1976, dan diterjemahkan pada tahun 1977, dengan fokus utama pada terakhir dua abad, dan fungsi seksualitas sebagai analisis kekuasaan berkaitan dengan munculnya ilmu seksualitas (scientia sexualis) dan munculnyabiopower di Barat. [41] Dalam buku ini ia menyerang " hipotesis represif ", keyakinan luas bahwa kita telah "ditekan" seksual alami drive kita, terutama sejak abad kesembilan belas. [42]Ia mengusulkan bahwa apa yang dianggap sebagai "represi" seksualitas sebenarnya merupakan seksualitas sebagai fitur inti dari identitas manusia, dan menghasilkan proliferasi wacana pada subjek.

Kedua jilid kedua, Penggunaan Pleasure (Histoire de la sexualite, II: l'penggunaan des plaisirs) dan The Perawatan Diri (Histoire de la sexualité, III: le Souci de soi) ditangani dengan peran seks di Yunani dan Romawi kuno. Keduanya diterbitkan pada tahun 1984, tahun kematian Foucault, dengan volume kedua yang diterjemahkan pada tahun 1985, dan ketiga pada tahun 1986. Dalam seri kuliahnya 1979-1980 Foucault diperpanjang analisisnya pemerintah untuk 'arti yang lebih luas dari teknik dan prosedur yang dirancang untuk mengarahkan perilaku pria, yang melibatkan pertimbangan baru' pemeriksaan batin 'dan pengakuan dalam literatur Kristen awal . Tema-tema ini literatur Kristen awal tampak mendominasi karya Foucault, di samping studi sastra Yunani dan Romawi, sampai akhir hidupnya. Namun, kematian Foucault meninggalkan pekerjaan yang tidak lengkap, dan volume keempat direncanakan Sejarah tentang Seksualitas tentang Kekristenan tidak pernah dipublikasikan. Volume keempat adalah berhak Pengakuan dari Daging (Les aveux de la kursi). Volume hampir selesai sebelum kematian Foucault dan salinan itu swasta dalam arsip Foucault. Hal ini tidak bisa diterbitkan di bawah pembatasan's real Foucault. [43]

[ sunting ]Dosen

Dari 1970 sampai kematiannya pada tahun 1984, dari Januari sampai Maret setiap tahun kecuali tahun 1977, Foucault memberi suatu program kuliah umum dan seminar mingguan diCollege de France sebagai kondisi masa jabatannya sebagai profesor di sana. Semua ceramah yang direkam, dan transkrip Foucault juga bertahan. Pada tahun 1997 ini kuliah mulai dipublikasikan dalam bahasa Prancis dengan delapan volume yang muncul sejauh ini. Sejauh ini, tujuh set kuliah telah muncul dalam bahasa Inggris: Psychiatric Power 1973-1974, Abnormal 1974-1975, Masyarakat Harus Dipertahankan 1975-1976, Keamanan, Wilayah, Penduduk 1977-1978, The Hermeneutika dari 1981-1982, Subjek Kelahiran Biopolitics 1978-1979 dan Pemerintah Diri dan Lainnya 1982-1983. Masyarakat Harus Dipertahankan dan Keamanan, Wilayah, Penduduk mengejar analisis hubungan yang lebih luas antara keamanandan biopolitics , [44] secara eksplisit mempolitisasi masalah kelahiran Pria dibesarkan di The Order of Things. [45] Dalam Keamanan, Wilayah, Penduduk, Foucault menguraikan teorigovernmentality , dan menunjukkan perbedaan antara kedaulatan , disiplin, dan governmentality sebagai modalitas yang berbeda dari kekuasaan negara. Dia berpendapat bahwa kekuasaan negara pemerintahan dapat genealogis dikaitkan dengan falsafah negara abad ke-17 dari raison d'etat dan, akhirnya, untuk pastoral konsep 'abad pertengahan Kristen' kekuasaan. [46] Catatan dari beberapa Foucault kuliah dari University of California, Berkeley pada tahun 1983 juga telah muncul sebagai Fearless Ucapan.

[ sunting ]Kritik

teori tertentu telah mempertanyakan sejauh mana Foucault dapat dianggap sebagai etika 'neo- anarkis ', para arsitek yang ditunjuk sendiri dari sebuah "politik baru kebenaran", atau, sebaliknya, sebuah nihilistik dan disobligating' neo- fungsionalis ' . Jean-Paul Sartre , dalam review dari The Order of Things , menggambarkan non- Marxis Foucault sebagai "benteng terakhir borjuis." [47]

Jürgen Habermas menggambarkan Foucault sebagai "kripto-normativist", diam-diam bergantung pada sangat Pencerahan prinsip ia mencoba untuk mendekonstruksi. Pusat untuk masalah ini adalah cara Foucault tampaknya upaya untuk tetap baik Kantian dan Nietzschean dalam pendekatan-nya:

Foucault menemukan di Kant, sebagai filsuf pertama, seorang pemanah yang bertujuan panahnya di jantung fitur yang paling aktual saat ini dan sehingga membuka wacana modernitas ... tapi filsafat Kant sejarah, spekulasi mengenai keadaan kebebasan, tentang dunia-kewarganegaraan dan perdamaian abadi, penafsiran antusiasme revolusioner sebagai tanda 'kemajuan menuju perbaikan' historis - tidak harus setiap baris memancing cemooh Foucault, teoritikus yang kekuasaan? Belum sejarah, di bawah tatapan tabah arkeolog Foucault, beku menjadi gunung es ditutupi dengan kristal formulasi sewenang-wenang wacana?

- Habermas Mengambil Aim di Jantung tahun 1984 kini, [48]

Richard Rorty berpendapat bahwa yang disebut Foucault begitu 'arkeologi pengetahuan' secara fundamental negatif, dan dengan demikian gagal untuk cukup membentuk suatu 'baru' teori pengetahuan per se. Sebaliknya, Foucault hanya menyediakan beberapa kaidah berharga tentang pembacaan sejarah:

Sejauh yang saya bisa lihat, semua dia harus tawarkan adalah redescriptions brilian di masa lalu, dilengkapi dengan petunjuk bermanfaat tentang cara menghindari terjebak oleh asumsi historiografis tua. Petunjuk ini sebagian besar terdiri atas berkata: "jangan mencari kemajuan atau makna dalam sejarah, tidak melihat sejarah suatu aktivitas yang diberikan, dari setiap segmen budaya, sebagai pengembangan rasionalitas atau kebebasan, jangan menggunakan kosakata filosofis ciri esensi dari kegiatan atau tujuan melayani, jangan menganggap bahwa cara kegiatan ini sedang dilakukan memberikan petunjuk apapun untuk tujuan-tujuan yang dilayani di masa lalu ".

- Rorty Foucault dan Epistemologi, 1986, [49]

[ edit ]Link ke Teori Kritis

diskusi Foucault tentang kekuasaan dan wacana yang sering diambil atas oleh teoretisi kritis. Foucault menyatakan dalam "Arkeologi Pengetahuan" bahwa sebuah wacana yang diberikan adalah refleksi dari struktur kekuasaan dan bahwa apa yang dianggap sebagai kebenaran atau pengetahuan yang berlaku didasarkan pada wacana saat itu. Para teori kritis berusaha mengungkap struktur kekuatan dalam rangka untuk berjuang untuk kesetaraan. Dengan menggunakan analisis wacana, struktur kekuasaan dapat ditemukan dan dianalisis untuk klaim kebenaran mereka. Ini adalah salah satu cara yang bekerja Foucault terkait dengan teori kritis. [50]

No comments:

Post a Comment

Orang baik meninggalkan pesan