Tuesday, 7 February 2012

Bulukumba, like this yo !!!


Pantai Bira
Ini kali kedua saya ke Kab. Bulukumba. Pada pergantian tahun 2009 ke 2010 yang lalu saya juga pernah kesana. Waktu itu dalam rangka study wisata SMAN 1 Polewali, yang kegiatannya sebagian besar diisi dengan liburan. Ya jelas saja, kan namanya study wisata, kita belajar sambil berwisata, meskipun memang wisatanya lebih dominan. Tanjung Bira adalah destinasi utama kegiatan kami ini.

Hal terpenting, kunjungan saya kali ini agak sedikit berbeda, saya berkunjung ke salah satu SMA disana dan berbagi ilmu dengan anak-anak SMA disana. Materi yang saya bawakan yaitu materi tentang lembaga-lembaga hukum. Saya tidak sendiri, ada dayat yang bersama saya membawakan materi tersebut, meski gugup awalnya tapi PBM (Proses Belajar Mengajar) kami berjalan lancar.

Saya memulai dengan perkenalan. Banyak dari mereka “heran” ke kami yang memilih kuliah ditempat jauh dari kampung halaman sendiri. “Inilah proses kami mencari pendidikan yang tinggi, meski jauh tapi itu bukanlah masalah”, jawab kami.

Tak tanggung-tanggung, ada 4 kelas yang kami masuki. Dibagi dalam 2 hari pertemuan, hari pertama 2 kelas dan hari kedua juga 2 kelas. Banyak hal yang mengesankan saya, mulai dari semangat mereka dalam menerima materi hingga antusiasme mereka dalam seksi pertanyaan. Mungkin “LUAR BIASA” kata yang hanya bisa saya ungkapkan untuk menggambarkan semangat mereka-mereka.

Penutupan Kegiatan
Oiya, diawal kegiatan yakni dihari pertama. Kami mengikuti upacara bendera di sekolah itu, kebetulan hari itu hari senin. Ini merupakan pengalaman yang benar-benar mengesankan. Sudah lama kami tak ikut upacara bendera, wajarlah saat ini kami sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang notabene tidak ada upacara bendera di hari senin.

Di hari terakhir kegiatan, diisi dengan pengajaran tentang pembuatan karya ilmiah. Banyak hal-hal atau ide-ide menakjubkan yang mereka kemukakan, mulai dari pembentukan karakter, polusi hingga yang paling keren tentang pengadaan rumah solusi. Inilah yang kemudian membuat kunjungan saya kali ini memang begitu sangat berkesan.

Terhitung ada 3 hari kami di Bulukumba, hari pertama dan kedua diisi bakti sosial dan sosialisasi hukum di SMA disana dan hari terakhir kami berlibur di Tanjung Bira. Kesimpulan saya tetap sama tentang tempat itu,” inilah BALI nya pulau Sulawesi”.

Bulukumba, Like this yo !!!
Comments
2 Comments

2 comments:

  1. bagus.....kapan2 ajak nag fisika...

    ReplyDelete
  2. asyik eeyyyyy....
    sosialisasi sambil liburan di pantai bira..

    ReplyDelete

Orang baik meninggalkan pesan