Wednesday, 7 March 2012

Donor darah tak semengerikan citranya


Hari ini benar-benar hari yang bersejarah buat saya pribadi, karena untuk pertama kalinya saya turut serta di salah satu kegiatan kemanusiaan yakni mendonorkan darah yang diselenggarakan oleh UKM Karate-Do Gojukai FH-UH bersama LP2KI dan Palang Merah Indonesia (PMI). Sebelumnya telah beberapa kali kegiatan ini dilaksanakan di Fakultas Hukum Unhas, namun keikutsertaan saya baru terwujud siang tadi. Tidak pernah terfikir sebelumnya bahwa saya akan ikut serta mendonorkan darah. Tidak ada persiapan dan semuanya terjadi begitu saja.

Setelah ke DPRD siang tadi, saya lalu kembali ke kampus. Dengan pete² 05 menuju unhas sayapun menegaskan langkah saya. Kampus agak ramai, orang-orang berbaju aneh banyak disini, oiya mereka dari PMI, itu tampak dari id card di bajunya. Saya kemudian hanya berlalu dan melanjutkan langkah ke sekret goju. Tak seorangpun saya temui, ada seorang tapi rasanya itu tak penting (Kak Ayu). Sayapun menuju ruang moot court, tempat donor darahnya diselenggarakan. Tujuan awalnya hanya melihat-lihat, entah karena lagi bernasib sial sayapun ditarik masuk kedalam, mengisi formulir dan mengikuti alurnya. Mulai tes Hemoglobin, tekanan darah sampai tempat pembuatan kartu donorpun saya lalui, dan semuanya pada akhirnya berakhir di tempat pembaringan.
Gue yang terbaring

Saya kali ini benar-benar dikerjai, salah satu pendonor darah yang tepat berbaring di samping kiri saya berteriak kesakitan. Pasrah, mungkin kata yang tepat menggambarkan suasana hati saya waktu itu. Jarum kemudian sedikit demi sedikit dimasukkan ke nadi saya, perasaan was-was mulai menyeruak. Jeng...jeng...jeng... rasanya ternyata tak sesakit yang saya bayangkan, seperti gigitan semut atau apalah itu. 

Jadi kenapa yang disampingku berteriak?

Darah mulai keluar, mengisi kantong-kantong darah yang telah terlebih dahulu disiapkan. Mungkin sekitar 10 menit darah saya yang diambil dan itu benar-benar tidak terlalu berdampak banyak ke saya (Agak Pamer sedikit). 

Selesai dan semuanya tejadi begitu saja.

Tempat jarumnya dimasukkan
Comments
1 Comments

1 comment:

Orang baik meninggalkan pesan