Sunday, 12 May 2013

New (Amsterdam/York): Bukti Kesuksesan Belanda di Benua Merah



Tahukah anda alasan saya menampilkan gambar diatas?
Atau tahukah anda hubungan antara keduanya?

Sebelum saya menjawab pertanyaan tersebut, marilah kita sedikit flashback ke tahun 1600an.

Tahun 1600an

Sejak abad ke-16, Belanda telah menjelajah ke pelbagai penjuru dunia. Pada zaman itu Belanda merupakan pusat ekonomi dan perdagangan yang sangat penting. Belanda membangun jaringan perdagangan yang luas melalui pembentukan serikat dagangnya, yakni Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Hindia Timur dan West-Indische Compagnie (WIC) untuk aktivitas perdagangan di Hindia Barat. Masa keemasan Belanda memunculkan banyak saingan, satu di antara mereka adalah Inggris, yang merupakan salah satu kekuatan besar di dunia Atlantik. Persaingan antara kedua negara ini selalu menyebabkan perang.

Belanda menjelajah dunia

Pada 3 September 1609, Henry Hudson dari VOC melakukan eksplorasi ke Benua Amerika, di sekitaran sungai yang saat ini dinamakan Sungai Hudson (nama Sungai Hudson sendiri di ambil dari nama Henry Hudson). Ia mencatat terdapat banyak populasi Beaver (hewan pengerat) di wilayah itu yang tidak dimanfaatkan. Padahal bulu Beaver saat itu sedang menjadi trend fashion di Eropa yang dapat membawa banyak keuntungan. Laporan Hudson mengenai populasi Beaver yang banyak di kawasan Sungai Hudson akhirnya membawa negeri Belanda berkoloni di kawasan tersebut.


Nieuw Amsterdam

Dengan semakin banyaknya warga Belanda yang datang ke Kawasan Sungai Hudson, akhirnya pada tahun 1624 belanda mendirikan Kota Nieuw Amsterdam (New Amsterdam) di wilayah itu. Fort Amsterdam yang merupakan benteng pertahanan WIC pun dibangun setahun setelahnya.


Nieuw Amsterdam

Pada tahun 1650, New Amsterdam mengalami booming komersial dan penduduk. Belanda membangun kota tersebut dengan sangat baik. Perdaganganpun berkembang begitu pesatnya. Hal ini kemudian memancing ketertarikan kekuatan-kekuatan lain untuk menguasai wilayah ini termasuk Inggris yang pada akhirnya menguasai wilayah ini pada tahun 1664 dan mengubah namanya menjadi New York.

New York

Saat ini New York merupakan kota terbesar di Amerika, dimana kota tersebut merupakan pusat bisnis dan wisata. New York juga disebut sebagai ibu kota keuangan dunia karena merupakan kota global yang menjadi perhubungan perusahaan dan bisnis serta tempat bagi sejumlah bank dan/atau bursa saham terkenal. New York merupakan kota terpadat di Amerika Serikat, dan pusat wilayah metropolitan New York merupakan salah satu wilayah metropolitan terpadat di dunia. Sebuah kota global terdepan, New York memberi pengaruh besar terhadap perdagangan, keuangan, media, budaya, seni, mode, riset, penelitian dan hiburan dunia. New York juga merupakan tempat markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa, dimana kota ini menjadi pusat hubungan internasional yang sangat penting.

New York
Mengenali kota tersebut berarti mempelajari sejarah terbentuknya, kesuksesan Belanda merintis lahirnya sebuah kota luar biasa sekelas New York (New Amsterdam) bukanlah hal yang mudah. Butuh kerja keras dan kepintaran melihat peluang dalam mencapai semua itu. Kegigihan dalam berdagang yang dilakukan negeri Belanda merupakan hal yang patut menjadi pelajaran bagi bangsa kita kedepannya.


Jawaban Kedua Pertanyaan Sebelumnya

Sebagai bentuk penghargaan kepada negara pendirinya, Bendera New York pun didesain memiliki kombinasi warna yang sama dengan bendera Belanda, yakni merah, putih dan Biru, dimana ditengahnya terdapat lingkaran yang bergambar pria pendatang Eropa dan warga pribumi Amerika yang mengapit tameng bergambar baling-baling kincir air khas Belanda.



Referensi:





Comments
1 Comments

1 comment:

Orang baik meninggalkan pesan