Thursday, 8 August 2013

Review Berita Mudik


Source: Republika Online, Edited: @darwin_jh
Bagi sebagian besar masyarakat mudik merupakan agenda tersendiri dan wajib dilakukan setiap tahunnya. Akan tetapi hal ini tidaklah mudah, melihat besarnya bahaya yang kapan dan dimana saja dapat menjumpai. Ini dapat dilihat dari ribuan orang berbondong-bondong memadati jalan dengan kendaraannya, segala moda transportasi umum sibuk melayani para pemudik, alhasil keamanan merekapun terabaikan dan resiko kecelakaan menjadi besar. Belum lagi sesak-sesakan di jalan yang macet yang menimbulkan gesekan dan lahirnya tindak kejahatan lain.

Kecelakaan mudik tiap tahun tinggi dan kebanyakan didominasi kendaraan roda dua, hal ini sesuai dengan data mudik lebaran ditahun sebelumnya yaitu tahun 2012 yakni mengakibatkan 908 orang meninggal, 1.505 orang luka berat, dan 5.139 orang luka ringan (Sumber BNPB dari artikel berita Republika) dimana sebagian besar korbannya adalah pengendara motor.

Dalam berita mudik Republika tertanggal 16 Juli 2013, dengan judul berita, Ingin Mudik dengan Bus? Daftarkan Diri ke Jasa Raharja, ada hal yang menarik dalam berita tersebut. Ini karena diberitakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam hal ini Jasa Raharja turut membantu masyarakat dengan menyediakan Bus Gratis untuk mudik. Hal ini bertujuan menekan tingginya angka kecelakaan saat mudik lebaran sebagaimana yang telah dipaparkan sebelumnya. Keberadaan informasi Bus Gratis bagi pemudik tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang berencana mudik dengan kendaraan roda dua, ataupun yang sama sekali tidak memiliki biaya untuk mudik.

Namun hal yang saya sayangkan, artikel tersebut tidak memberitakan ada tidaknya program yang sama dari Jasa Raharja untuk daerah-daerah lainnya di Indonesia dikarenakan Bus Gratis tersebut disebutnya hanya melayani rute ke 44 kota tujuan se-Jawa dan Lampung. Hal ini dapat memunculkan anggapan yang miring dan tidak adil terhadap Jasa Raharja oleh masyarakat di daerah-daerah lain diluar jawa dan lampung apalagi mengingat Jasa Raharja adalah BUMN yang seharusnya membuat program yang sifatnya nasional.

Pada judul artikel tersebut akan lebih baik bila mencantumkan kalimat Bus Gratis sehingga judul artikelnya menjadi, “Ingin Mudik dengan Bus Gratis? Daftarkan Diri ke Jasa Raharja”. Hal ini agar para pembaca Republika akan lebih tertarik mengklik dan membaca artikel tersebut ketika di share di media sosial seperti twitter maupun facebook.

Comments
5 Comments

5 comments:

  1. Bagus reviewnya kak, semoga menang ya :)

    ReplyDelete
  2. Semoga menang mas bro, ajak2 saya nanti makan ya

    ReplyDelete
  3. haha, sy juga setuju. Jasa Raharja kan BUMN, knapa buat programnya cuman untuk wilayah jawa dan lampung ya?

    ReplyDelete

Orang baik meninggalkan pesan