Monday, 25 August 2014

Mengikuti Tahap Seleksi Toyota Astra Finacial Service (TAFS)






Update: Klik Ini

Jumat yang lalu tepatnya 22 agustus 2014 sehabis sholat jumat saya mendapatkan undangan psikotes dari Toyota Astra Financial Services atau yang disingkat dengan TAFS. Kurang lebih isi smsnya mengarahkan saya untuk datang psikotes pada hari senin, 25 agustus 2014 di Gedung Penelitian Ilmiah (GPI) Universitas Hasanuddin. Karena ini merupakan kampus saya, saya tidak perlu lagi mencari-cari dimana lokasi GPI sebagaimana peserta lainnya yang berasal dari kampus lain, apalagi mengingat saya telah seringkali mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di gedung ini.

Singkat cerita tanggal 25 agustuspun tiba. Saya yang telah mempersiapkan semua sejak malam sebelumnya dan malam sebelumnya lagi. Masuk pertama kedalam ruang gedung itu, tidak ada hal lain selain berdoa dan menyiapkan alat keperluan tes yang saya lakukan sebelum tes berlangsung. Ini memang bukan pertama kali saya mengikuti psikotes, saya sempat juga mengikuti psikotes yang diadakan Alfamart salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia itu pada bulan juli yang lalu, waktu itu saya lolos tapi tidak dapat mengikuti ke tahap wawancara karena sedang tidak berada di Makassar.

Setelah mengisi biodata yang diberikan oleh pengawas sekaligus penilai. Waktu psikotespun tiba, soal yang diberikan seperti biasa yakni, perhitungan angka, persamaan dan perbedaan kata, dan lain-lain, ada juga tes koran, tes gambar pohon dan orang yang baru kali itu saya temui. Setelah selesai psikotes, kami semua diminta menunggu diluar sambil pengawas menilai psikotes kami. Karna pengumuman ke tahap selanjutnya akan diumumkan pada pukul 01:30 pm saya pun memanfaatkan waktu yang luang untuk ke fakultas saya guna melihat mahasiswa-mahasiswi baru yang akan kuliah perdana pada hari itu juga.

Pukul 01:30 tiba, pengumuman kelulusan tahap pertama yang ditempel didepan pintu menunjukkan saya lolos bersama 10 teman lainnya. Tanpa berlama-lama disitu, saya lalu masuk kedalam ruangan untuk mengikuti tahap selanjutnya. Di tahap kedua saya dan yang lain diminta mengisi selembar kertas dengan jawaban pernyataan-pernyataan yang sesuai dengan karakter-karakter masing-masing, saya benar-benar mengisinya dengan serius, agar tim penilai dapat sungguh-sungguh menemukan dan mengetahui karakter saya, dan dimana posisi yang cocok buat saya nantinya. Tidak begitu lama kamipun semua telah selesai mengisi lalu mengumpulkan itu kedepan meja penilai.

Setelah tahap kedua usai, 11 orang yang lolos dibagi dua. Sebagian akan di tes wawancara pada hari itu dan sebagian yang lain akan diwawancarai lagi esoknya. Saya terbagi kedalam sebagian yang lain, saya mendapatkan jadwal tes esoknya pada pukul 08:00 am di Ruang Rapat D Lantai 2 rektorat..... (To be Continued)
Comments
16 Comments

16 comments:

  1. Gan, ada tes bahasa inggrisnya ga pas psikotes itu?
    Terimakasih :D

    ReplyDelete
  2. gimana gan tesnya?
    pengumuman setelah tes psikolog ke panggilan medical check up brp hari gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. stelah wawancara psiklogi saya diundang interview user gan, tapi ga datang...

      Delete
  3. Bisa di share agan gambar pohon dan orang kaya gimana? Saya pernah tes itu tp gagal. Sabtu besok mau tes Di TAF

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita disuruh gambar terserah gan, hampir sama sih dengan tes2 gambar dan pohon pada umumnya.
      menurut sy kalau gambar org sebaiknya gambarnya dibuat rapih, trus sebaiknya dibuat detil. jangan lupa berdoa jg gan

      Delete
  4. Klo Juro di Taf jobdesk nya apa gan, Trs salary per bulan nya brp? mohon info
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu ga tau mas, soalnya sy ga jadi ambil taf... waktu interview user ane ga dtg

      Delete
    2. Insya Allah saya besok tes interview user gan... mohon doanya. Oh, yaa kira2 salary nya berapa yaa gan?

      Delete
    3. Mas andika, mau nanya dong, kira2 dr stelah beres tes psikolog hingga panggilan interview user, jeda nya berapa hari yah?
      Saya kamis lalu beres tes psikolog, katanya tinggal nunggu panggilan user.
      Berapa hari yah mas?

      Delete
  5. Gan wawancara psikologi apa aja yg ditanyai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentang pengalaman organisasi, alasan mau kerja di astra, sama rencana posisi yang akan dilamar.

      Delete
  6. Replies
    1. ga lama kok, dari jam 9 selesainya sebelum dhuhur

      Delete
  7. Mas tes psikotestnya yang keluar apa aja?

    ReplyDelete
  8. Mas tes psikotestnya yang keluar apa aja?

    ReplyDelete

Orang baik meninggalkan pesan