Friday, 31 October 2014

Pentingnya Allianz pada setiap aspek kehidupan



Sumber Gambar: allianz.co.id

Kabar mengejutkan datang dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), badan pemerintah yang bertugas menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan terhadap seluruh kegiatan keuangan melansir 35% dari 250 juta jiwa penduduk Indonesia masih belum mendapatkan perlindungan asuransi. Alhasil ini tentu berbahaya mengingat jutaan rakyat bisa saja terancam jatuh miskin lantaran tidak memiliki kemampuan finansial jika sewaktu-waktu ditimpa musibah.

Tingginya tingkat masyarakat yang tidak memiliki perlindungan asuransi pada dasarnya dipengaruhi oleh rendahnya tingkat kesadaran masyarakat mengenai pentingnya asuransi pada setiap aspek kehidupan. Bila dibandingkan dengan negara tetangga, Malaysia, pemakai asuransi di Indonesia hanya 1.1% dari Growth Domestic Product (GDP) sedang Malaysia mencapai 3% padahal jumlah masyarakat kategori kelas menengah di Indonesia menurut World Bank sebesar 56.5% atau sebesar 141.250.000 jiwa.

World Bank juga mencatat nilai uang yang dibelanjakan warga kelas menengah di Indonesia terhitung fantastis, yakni pengeluaran untuk membeli pakaian dan alas kaki di tahun 2010 mencapai Rp 113,4 triliun, barang rumah tangga dan jasa Rp 194,4 triliun, plesir keluar negeri Rp 59 triliun, dan biaya transportasi Rp 238,6 triliun, angka yang lebih dari cukup bila disisihkan berapa persen untuk keperluan asuransi.

Belajar dari sejarah

Sejarah mencatat asuransi telah banyak memberikan kemudahan dan persiapan bagi masyarakat untuk menghadapi situasi-situasi yang tidak diinginkan. Oleh karena itu kesadaran masyarakat mengenai asuransi diharapkan dapat terus tumbuh seiring perkembangan perusahaan yang memberikan pelayanan asuransi. DI Indonesia sendiri telah banyak perusahaan-perusahaan asuransi yang lahir guna menjamin hajat hidup orang banyak ini, termasuk salah satunya Allianz.

Alianz merupakan salah satu perusahaan asuransi terbaik di dunia, dimana lebih dari 83 juta nasabah baik individu maupun korporasi mengandalkan pengetahuan, jangkauan global, kekuatan modal dan kesolidan Allianz untuk membantu mereka memanfaatkan peluang keuangan serta untuk menghindari dan menjaga diri terhadap resiko di masa depan. 

Allianz pada awalnya memulai bisnis di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1,200 karyawan dan lebih dari 17,000 tenaga penjualan di 93 kantor pemasaran di 46 kota. 

Hingga kini Allianz ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 4 juta pelanggan di Indonesia. Suatu pencapaian luar biasa dari Allianz sehingga wajar bila perusahaan ini dapat dikukuhkan sebagai salah satu perusahaan asuransi terbaik di dunia. Allianz dan Agen/Tenaga Penjualnya sendiri telah terdaftar pada dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Saat ini apa saja program yang ditawarkan Allianz?

Terhitung ada enam produk utama yang ditawarkan oleh Allianz kepada para pelanggan yakni Asuransi Kesehatan, Asuransi Jiwa, Asuransi Umum, Asuransi Kumpulan, Asuransi Syariah,  serta Asuransi Jiwa Bank.


*Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Allianz Writing Competition 2014

Referensi:

http://www.ojk.go.id/
http://www.merdeka.com
http://m.news.viva.co.id
http://www.kpmak-ugm.org
https://kreditgogo.com



No comments:

Post a Comment

Orang baik meninggalkan pesan