Friday, 27 November 2015

Review: Smartphone 4G Hisense Pureshot & Pureshot+, Satu Smartphone Segudang Keunggulan



Entah mengapa saya selalu memiliki motivasi lebih ketika mereview sebuah smartphone yang canggih. Mungkin karena fitur-fiturnya, atau mungkin juga karena sesuai dengan passion saya yang senang dengan hal-hal baru. Beberapa bulan ini misalnya, saya tertarik dengan salah satu smartphone asal negeri Tiongkok, Hisense, yang meluncurkan dua produk smartphone, Hisense Pureshot dan Hisense Pureshot+, yang spesial dari kedua produk ini adalah supportnya akan jaringan 4G LTE.

4G LTE sendiri merupakan jaringan internet tercepat saat ini. Dengan adanya jaringan 4G LTE, kecepatan internet akan bertambah berkali-kali lipat. Atau lebih sederhana dapat diartikan, kita tidak akan lagi mengalami buffering, video chat yang terganggu atau bahkan waktu mendownload data yang begitu lama. Sebagaimana yang biasa saya dan mungkin sobat alami sebelumnya ketika menggunakan jaringan 3G.


Apa yang membuat saya tertarik dengan Hisense adalah keseriusan pabrikan teknologi ini untuk memberikan layanan internet 4G. Tidak hanya dengan produknya, namun dalam pengembangan 4G di Indonesia, Hisense ternyata juga bekerjasama dengan salah satu vendor telekomunikasi yakni Smartfren untuk memberikan palayanan internet cepat bagi pengguna. Smartfren sendiri merupakan vendor telekomunikasi dengan jaringan 4G terluas di Indonesia saat ini.

Namun walau demikian, apakah kedua produk Hisense Pureshot dan Hisense Pureshot+ ini hanya memiliki keunggulan dari supportnya akan jaringan 4G? ternyata tidak juga, Hisense Pureshot dan Pureshot+ ternyata memiliki banyak keunggulan-keunggulan lain.

Apa saja itu? Mari kita cari tahu.


Ketika pertama kali melihat desain dari Hisense Pureshot dan Hisense Pureshot+, saya melihat smartphone impian saya. Apa yang selama ini saya harapkan dari desain sebuah smartphone, semuanya ada di smartphone ini. Kedua smartphone ini memang terlihat stylish dan berkelas apalagi keduanya memakai material premium dengan dimensi panjang 140 mm, lebar 70 mm dan ketebalan 8.3 mm untuk Hisense Pureshot dan panjang 151 mm, lebar 75 mm dan ketebalan 8.3 mm untuk Hisense Pureshot+.

Untuk desain, antara Hisense Pureshot dan Pureshot+ memang tidak memiliki perbedaan yang mencolok, hanya saja perbedaannya terletak dari ukuran layar keduanya. Hisense Pureshot dibenamkan layar 5" sedangkan Hisense Pureshot+ dibenamkan layar 5.5". Yang unik dari kedua smartphone ini ialah sudut melengkung 2.5D glass screen yang dimiliki, yang menjadikan Hisense Pureshot dan Pureshot+ memiliki ciri khasnya sendiri.


Hal lain yang membuat saya begitu suka dengan desain Hisense Pureshot dan Pureshot+ ini adalah sisi bodinya yang diproteksi bezel logam, karena bezel ini makin menambah kesan premium yang dimiliki kedua smartphone ini.

Sama seperti smartphone andoid pada umumnya, pada panel bagian bawah layar dibenamkan tiga tombol sentuh kapasitif yakni Recent App, Home dan back. Sedang di bagian atas display dibenamkan earpice dan kamera 5 MP dan LED flash serta sensor.

Selain itu, di sudut kiri atas bagian belakang bodi dibenamkan kamera 13 MP dan dual LED flash. Dua grill loudspeaker-nya terdapat di ruas bawah bodi, di tengahnya terdapat port micro USB. Sedang di samping kanan terdapat tombol volume dan power serta bagian sisi kiri atas bodi terdapat port audio 3,5 mm.


Selain desainnya yang stylish, Hisense Pureshot dan Pureshot+ juga memiliki keunggulan dari sektor layarnya. Layar Hisense Pureshot dan Pureshot+ berturut-turut memiliki display LCD TFT 5 dan 5.5 inci dengan HD 1280 x 720 piksel dan kerapatan piksel 295 ppi. Ini membuat Grafis yang terpampang di layar Hisense Pureshot dan Pureshot+ nampak jernih dan begitu tajam bahkan dari sudut manapun kita memandang.

Sumber Gambar:gawai.beritagar.id, Diedit oleh Penulis
Bagi anda yang mungkin seringkali khawatir akan keawetan smartphone yang anda miliki, entah sering jatuh atau takut tergores karena penggunaan sehari-hari, dengan Hisense Pureshot dan Pureshot+ anda tidak perlu khawatir lagi, karena layar Hisense Pureshot dan Pureshot+ diproteksi oleh Corning Gorilla Glass 3 dari Corning yang membuat layar Hisense kita jadi lebih tangguh terhadap benturan, goresan, ataupun gesekan. Corning Gorilla Glass 3 ini bahkan memiliki ketahanan tiga kali lipat dari generasi sebelumnya.

Selain tampilan layar yang tajam bahkan tahan goresan, ternyata layar Hisense Pureshot dan Pureshot+ juga memiliki sensifitas yang tinggi. Bahkan bila anda menggunakan sarung tangan, layar Hisense Pureshot dan Pureshot+ akan tetap dapat digunakan. Gimana ga keren.


Kamera merupakan salah satu fitur unggulan yang dimiliki dua smartphone ini, dengan kamera belakang beresosolusi 13 MP dan didukung dengan dual LED Flash, setiap gambar yang kita ambil akan terlihat tajam dan profesional. Selain itu, bagi anda yang senang selfie, pada kamera depan dibenamkan kamera beresolusi 5MP yang didukung LED Flash, sehingga anda dapat selfie dimanapun bahkan dalam suasana yang minim cahaya sekalipun.


Hal lain yang membuat kamera Hisense PureShot dan Pureshot+ sangat unggul dalam memotret di suasana minim cahaya adalah juga karena didukung aperture yang sangat besar yakni sebesar F/2.0, sehingga kamera dari kedua smartphone ini dapat menangkap cahaya lebih banyak.

Seakan menambah keunggulan kamera yang dimiliki kedua smartphone ini, Hisense melengkapi kamera kedua smartphone ini dengan fitur-fitur terkini, seperti Autofocus, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR hingga flash mode. Bagaimana? Anda ingin mencobanya?

Beberapa hasil gambar Hisense Pureshot dan Pureshot+









Pada konektivitas, yang unik dari Hisense PureShot dan Pureshot+ adalah kemampuan hybridnya mengoperasikan kartu SIM CDMA dan GSM pada kedua slot SIM-nya, dengan kata lain semua jaringan milik operator di Indonesia dapat kompatibel dengan kedua smartphone ini. Keuntungan yang didapat tentu bagi anda yang senang menggunakan CDMA dan GSM, anda tidak perlu lagi repot-repot menggunakan dua ponsel karena semuanya bisa dilakukan dalam satu ponsel.

Sumber Gambar: Screencapture review Hisense oleh BangRipiu, Diedit oleh Penulis
Untuk konektivitas data, kedua smartphone ini sepertinya memiliki semuanya. Hisense PureShot dan Pureshot+ mendukung jaringan 2G, 3G bahkan 4G. Kemampuan 4G yang dimiliki mampu mendukung kemampuan akses internet bahkan hingga 150 Mbps download, dan 50 Mbps upload. Coba anda bayangkan, kita tidak akan lagi mengalami buffering video youtube, bahkan bagi anda kaum sufi (suka film), anda dapat mendownload film kesukaan anda tanpa harus menunggu waktu lama.


Kalau soal performa Hisense PureShot dan Pureshot+ tidak perlu diragukan lagi, kedua smartphone ini dipersenjatai chipset teknologi terbaru dari Qualcomm, yakni Octacore Processor A53 (64 bit)-Qualcomm Snapdragon 415/GPU Adreno 405 dengan RAM 2 GB LPDDR3 yang membuat performa smartphone lebih maksimal, tampilan grafis yang lebih indah, bahkan upload maupun download yang lebih cepat. Bahkan bila anda bermain game berat atau sambil menjalankan banyak aplikasi sekaligus, Hisense PureShot mampu berakselerasi dengan baik, serta minim lag.


Untuk baterai sendiri, Hisense Pureshot dibekali kapasitas baterai besar yakni sebesar 2200 mAh yang dengan kata lain dapat berfungsi secara optimal bahkan hingga seharian penuh. Sedang untuk Hisense Pureshot+ kapasitas baterai yang dimiliki lebih besar lagi yakni sebesar 2500 mAh. Bisa anda bayangkan, anda tentu tidak perlu repot-repot untuk mencharge smartphone anda di setiap waktu.

Selain itu, dengan performa yang mempuni dan kapasitas baterai yang besar, kedua smartphone ini ternyata tidak cepat panas sebagaimana kebanyakan smartphone-smartphone lainnya.


Seperti tidak ingin penggunanya bosan dengan tampilan android yang itu-itu aja, Hisense mengembangkan tampilan antarmuka sendiri yang berbeda dengan tampilan android pada umumnya, tampilan antarmuka ini disebut Vision UI. Keistimewaan Vision UI ini sendiri adalah Semua aplikasi terintegrasi langsung pada desktop, tidak ada app drawer (halaman menu), sehingga segala fungsi yang dijalankan dapat lebih mudah, karena semuanya terkumpul pada layar utama.

Sumber Gambar: Solopos.com, Diedit oleh Penulis
Vision UI ini bisa dikatakan sangat lengkap, kita dapat mengkostumisasi setiap fungsi sesuai dengan keinginan kita, ada pilihan edit launcher yang dapat memudahkan kita mengutak-atik widget, wallpaper hingga effect. Di Vision UI juga terdapat koleksi widget custom seperti Traffic, WPS Office, Dolby Audio hingga widget bawaan Android. Selain itu kita juga tersedia juga fitur hide app, icon arrangement, icon alignment untuk membereskan dan mengatur aplikasi sesuai keperluan.

Seperti hal nya smartphone-smartphone high end lainnya, kedua smartphone ini juga memiliki fitur gestures dan motion. Dengan gesture kita dapat menggeser gambar dengan hanya melakukan gerakan tangan ke sensor depan layar. Dengan fitur motion kita dapat masuk ke berbagai fungsi hanya dengan tap dua kali layar untuk mengaktifkan layar yang mati, dan menulis huruf dengan jari ke layar untuk masuk ke fungsi-fungsi lainnya.


Bagi anda yang senang dengan musik, memiliki smartphone yang memiliki audio jernih tentu menjadi dambaan. Olehnya anda tentu tidak boleh melewatkan Hisense PureShot dan Pureshot+ ini, dengan teknologi Dolby Digital yang dibenamkan memberi kita pengalaman mendengarkan kualitas suara sinematik dan dapat diatur sesuai dengan yang kita inginkan.



Spesifikasi Lengkap



******************
Secara keseluruhan Hisense PureShot dan Pureshot+ memang merupakan smartphone yang memiliki banyak keunggulan, sehingga tak ayal merupakan salah satu dari top 5 pabrikan smartphone di dunia. Bahkan kemampuan Hisense mengembangkan inovasi teknologi dibidang industri elektronik telah diakui secara global. 

Hisense bahkan merupakan perusahaan yang memelopori penggunaan teknologi dual-SIM card CDMA/GSM dengan meluncurkan handset dual-SIM pertama kali Agustus 2006. Tidak hanya itu, Hisense juga merupakan produsen ponsel pertama di Tiongkok yang merilis handset dengan standar 3G.

“Kami selalu berusaha memenuhi apa yang dibutuhkan pengguna. Sejak awal meluncurkan smartphone, respon yang kami dapatkan sungguh luar biasa. Ini membuktikan bahwa produk-produk yang Hisense kembangkan memiliki kualitas terbaik dan bisa memenuhi kebutuhan konsumen,” kata Stephen Qu, President Director PT Hisense International Indonesia (dikutip dari website smartfren)
Kesimpulan 

Hisense Pureshot dan Hisense Pureshot+ memberikan kita kenyamanan yang lengkap dengan desain stylish, kapasitas baterai yang besar, layar yang tajam, kamera yang jernih, konektivitas yang cepat, performa yang mempuni bahkan tampilan antarmuka android yang minimalis. Selain itu terdapat pula teknologi Dolby digital yang dibenamkan yang dapat menjadi gimmick yang bisa menarik penguna yang suka mendengarkan musik atau menonton video dari peranti mobile


Referensi:
http://www.hisense.id/
http://www.smartfren.com





Comments
7 Comments

7 comments:

  1. Replies
    1. iya gan, saya aja ngiler pas buat reviewnya.. jd pengen

      Delete
  2. desainnya keren banget. minimalis gimana gitu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bner banget gan. Saya juga jadi suka dengan hisense ini, karna desainnya yg minimalis... :D

      Delete
  3. komplit banget reviewnya.. thumbs up

    ReplyDelete
  4. Wahh..mantabs, GSM dan CDMA dalam 1 perangkat, ruuaarrr biasak.

    ReplyDelete

Orang baik meninggalkan pesan