Thursday, 19 November 2015

Kupas Tuntas ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG



Jika sebelumnya kita telah mereview ASUS Zenpad C 7.0, tablet Asus terbaru, atikelnya bisa dibaca disini. Kali ini saya akan mengupas tuntas mengenai salah satu produk unggulan ASUS lainnya yang merupakan seri terbaru dari seri smartphone ASUS Zenfone 2. Ga sabar? Berikut saya paparkan.

Bolehlah dikatakan jika seri terbaru Zenfone 2 ini akan menjadi pesaing terberat dari smartphone-smartphone lainnya. Betapa tidak, ASUS membenamkan berbagai teknologi-teknologi terbarunya di seri Zenfone 2 ini. Zenfone 2 terbaru ini sendiri dinamakan Zenfone 2 laser 5.0 ZE500KG, yang mana sesuai namanya, Zenfone 2 Laser dilengkapi fitur kamera dengan autofokus laser.

Apa itu autofokus laser? 
Saya akan menjelaskan ini lebih lanjut di paragraf tersendiri dibawah.

Tahukah sobat, di produk anyar ASUS ini, ASUS meningkatkan kualitas kamera yang tersemat sesuai hobi kebanyakan kita yang begitu sering selfie atau hanya sekedar mengambil gambar. Wah, kalau saya pikir-pikir sih, saya memang lebih sering menggunakan smartphone buat foto-foto, bahkan terkadang saya sendiri menggunakannya untuk hal-hal yang aneh.  Hmm...


Zenfone 2 seri sebelumnya beberapa waktu lalu memang telah begitu menarik perhatian gadget tanah air, termasuk beberapa teman saya yang sudah mengganti gadget mereka dengan ASUS Zenfone 2. Zenfone 2 sendiri memiliki dua hal yang menjadi kriteria utama para penggemar gadget, pertama kita bisa mendapatkan sebuah gadget berkualitas tinggi, kedua harganya yang terjangkau. Jadi wajar bila anda berpergian ke pusat-pusat keramaian, seperti mall atau kampus anda akan dengan mudah menemukan orang-orang yang menggunakan Zenfone 2.

Lantas, apa yang membuat  seri baru ASUS Zenfone 2 laser ini siap menantang smartphone-smartphone lainnya? Dan apa saja hal lain yang ditawarkan Zenfone 2 laser ini? Apakah hanya mengandalkan kamera? Ternyata tidak. Selain sektor kamera yang lebih maju, Zenfone 2 laser ternyata juga telah dijejali spesifikasi lain yang tak kalah mentereng, yang siap memanjakan kita para ASUSer. Apa saja itu? Mari kita cari tahu


Berbicara mengenai desainnya, Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG memang tidak terlihat memiliki perbedaan mencolok dengan Seri Zenfone 2 sebelumnya. Namun saja ia memiliki layar sedikit lebih kecil yakni 5" dibanding sebelumnya yang 5.5". Selain itu sisinya juga dibuat ultra tipis hanya 3.55 mm saja. Ukuran tipis yang mengesankan ini merupakan salah satu prestasi dari rekayasa produksi ASUS loh sobat, olehnya wajar bila tahun ini, ZenFone 2 Laser berhasil meraih

iF Design Award 2015 sebagai produk dengan desain terbaik.

Membuat sisi Zenfone 2 yang hanya 3.55 mm saja memang merupakan tantangan tersendiri karena desain komponennya juga harus dibuat lebih optimal agar dapat ditempatkan di perangkat dengan ukuran yang lebih tipis. Namun bila anda bertanya apa manfaat dari sisi tipis yang dimiliki seri Zenfone 2 ini? Tentu saja Zenfone kita akan jadi lebih enak tuk digenggam.


Seperti seri Zenfone sebelumnya, Zenfone 2 Laser juga dibenamkan desain ikonik konsentris lingkaran ASUS yang disematkan di sisi depan dan tombol belakang, untuk memberikan efek sentuhan yang unik. Desain inilah memang yang membuat saya begitu senang dengan desain ASUS Zenfone. Efek ini sendiri dihasilkan melalui proses produksi paling presisi yang menghasilkan lingkaran dengan jarak tak lebih dari 0.13 mm.

Bagian belakang Zenfone 2 Laser ini juga sama seperti Zenfone 2 sebelumnya didesain lengkung, dengan tombol volume dibagian tengah. Efek case belakang yang telihat seperti serat-serat, membuat Zenfone 2 Laser terlihat lebih premium. Perbedaannya sendiri terlihat dengan dibenamkannya teknologi autofokus laser yang terletak tepat dibagian kanan kamera.


Pada bagian bawah belakang dari ZenFone 2 Laser, kita juga bisa menemukan keunggulan desain lainnya yang dibuat dengan memanfaatkan teknik bor laser untuk mengukir lubang-lubang speaker dengan ukuran hanya 0.4 mm, ini tidak hanya memberikan kualitas suara yang terbaik, tetapi juga menunjukan sebuah konsistensi ASUS untuk membuat setiap detail dengan sempurna.

Secara keseluruhan, desain Zenfone 2 Laser ini begitu elegan dan tersedia pula dalam 5 pilihan warna menarik sesuai dengan keinginan kita, yakni pure black, ceramic white, glamour red, hairline gold, dan hairline silver, selain itu juga akan hadir pilihan warna Aqua Blue dan Purple.


Seperti telah disebutkan, ZenFone 2 Laser 5.0 ZE500KG ini memiliki layar dengan ukuran 5" dengan rasionya terhadap body yakni sebesar 70%. Keunggulan yang dimiliki seri ini adalah dibenamkannya layar IPS HD 1280x720 HD yng menawarkan sudut pandang hingga 178 derajat dengan densitas piksel 294 ppi. Ini memungkinkan Zenfone 2 laser dapat menampilkan gambar hingga yang sangat detail.

Sebagaimana ASUS yang seringkali memberikan inovasi atas setiap produknya, ASUS membuat layar Zenfone 2 laser mampu mencapai rentang 72% dari gamut warna NTSC, sehingga kita bisa melihat lebih banyak warna. Hasil foto maupun video akan terlihat lebih cerah, jernih bahkan sangat alami, begitu beda bila dibandingkan dengan kompetitor-kompetitornya yang lain.

Selain itu, untuk kejernihan, kecerahan serta agar mampu menerima respon sentuhan terbaik, ZenFone 2 Laser juga dibenamkan teknologi ASUS TruVivid. Apa itu ASUS TruVivid? 

ASUS TruVivid adalah teknologi yang dapat mentransformasikan desain layar konvensional 4 lapis menjadi dua lapis saja dengan laminasi penuh. Menggabungkan kaca pelindung dan panel sentuh menjadi satu untuk menghilangkan ruang udara, membuat semanya lebih dekat ke permukaan ZenFone 2 Laser dan lebih dekat ke sentuhan kita.

Ada mungkin dari anda akan bertanya mengenai bagaimana kualitas touchscreen layar yang dibenamkan? Untuk satu hal ini anda tidak perlu khawatir, untuk melindungi layar ASUS Zenfone 2 laser ini, ASUS membenamkan layar Corning Gorilla Glass 4 yang merupakan mahakarya terkini dari Corning. Layar ZenFone 2 Laser dengan Gorilla Glass 4 ini menawarkan dua kali (2X) daya tahan kerusakan akibat jatuh dari pendahulunya, 2,5 kali peningkatan kekuatan dan 85% lebih tahan banting di penggunaan sehari-hari. Sebuah perpaduan sempuna untuk sebuah layar smartphone bukan.


Untuk performa, ASUS ZenFone 2 Laser 5.0 ZE500KG ini memang tidak perlu diragukan lagi sobat. Dengan prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 410 64-bit memberikan kinerja terbaik dan konsumsi daya yang lebih efisien, Kita dapat mengambil foto tajam dengan lebih cepat, merekam dan menyunting video HD dengan konsumsi daya baterai yang sangat kecil. Selain itu RAM yang dimiliki juga begitu besar yakni 2GB, sehingga memungkinkan kita melakukan multi tasking ataupun gaming begitu mulus di perangkat Zenfone 2 Laser ini.


Sama seperti kebanyakan smartphone-smartphone lain, ASUS Zenfone Laser juga memungkinkan pengguna menggunakan dual sim yang dapat aktif secara bersamaan. Selain itu juga tersedia slot micro SD Card hingga 128 GB. Jadi bila anda merasa belum puas dengan kapasitas memori internalnya, anda dapat menggunakan micro SD card sebagai penyimpanan data hingga yang berkapasitas 128 GB.

Bagi anda yang seringkali berinternet ria menggunakan wifi, ASUS ZenFone Laser memiliki standar Wifi 802.11b/g/n, sehingga segala aktifitas nirkabel kita akan terasa lebih mulus dan cepat tanpa hambatan. Wah ini pastinya yang paling ditunggu-tunggu bukan bagi yang suka gunakan wifi di tempat umum, termasuk saya.


Dari segi navigasi sendiri, Zenfone 2 Laser sudah menggunakan 3 buah modul GPS yang terdiri dari GPS (US Global Positioning System), GLONASS (Russia Global Navigation Satellite System) dan BDS (BeiDou Navigation Satellite System) yang bisa mendapatkan akurasi yang lebih akurat dibandingkan dengan smartphone high end sekalipun. Kecepatan Zenfone 2 Laser dalam mengunci TTFS (Time to first fix) lokasi menggunakan GPS bisa mencapai 32 detik saja, sedangkan smartphone high end lain rata-rata berada di angka 35 hingga 52 detik.

Untuk touchscreen, seperti layaknya smartphone high end lainnya, kita juga mendapatkan layar dengan waktu respon sentuh yang sangat cepat, yakni hanya dalam waktu 60 milidetik saja. Dengan respon secepat ini tentu saja bermain atau menggunakan aplikasi yang sudah kita pasang di smartphone ini akan terasa lebih cepat dan mulus.


Bagi anda yang senang mendengar musik, teknologi sonic master yang dibenamkan ASUS dalam audio ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG memungkinkan kita menikmati audio yang sangat jernih dan kaya. Ini merupakan sebuah hasil kerja keras dari tim ASUS Golder Ear yang memberikan suara yang paling sempurna pada setiap zen kita. 

Source: https://www.youtube.com/user/AsusIndonesia
Teknologi SonicMaster pada ZenFone 2 Laser menghasilkan suara yang sangat jernih. Baik dengan headphone maupun speaker. Ruang suara pada ZenFone 2 memiliki peningkatan dalam banyak hal. ZenFone 2 memiliki ruang suara 25% lebih besar dibandingkan generasi pertama dengan konstruksi 3 magnet yang dilengkapi dengan logam koil suara berbentuk kotak agar suara yang dihasilkan lebih kuat.

Untuk menyesuaikan keluaran suara dengan kuping pengguna, ASUS Zenfone 2 Laser juga sudah dibekali dengan software Audio Wizard 2.0 dari ICEPower yang akan menyesuaikan mode suara sesuai dengan kondisi lingkungan. Audio Wizard ini menyediakan 6 buah mode yang terdiri dari smart mode, music mode, movie mode, recording mode, gaming mode dan speech mode.


Untuk menghasilkan perekaman yang jernih untuk menelpon ataupun merekam suara kita secara independen atau saat mengambil video, ASUS Zenfone 2 Laser juga memiliki microphone dengan teknologi NoiseZero Talk yang berfungsi untuk menyaring suara-suara yang tidak diinginkan masuk ke dalam microphone, karena teknologi inilah mengapa menelpon menggunakan ASUS Zenfone 2 Laser akan terasa lebih jernih.


Untuk baterai sendiri, ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG mengunakan baterai Lithium Polymer berkapasitas 2.070 mAh yang dapat dilepas dengan mudah. Baterainya sendiri dalam pemakaian normal mampu bertahan seharian penuh dalam kondisi terus digunakan. Jika anda telah pernah menggunakan seri smartphone zenfone dari ASUS, penggunaan baterai di ASUS Zenfone 2 Laser juga dapat dihemat dengan menggunakan fitur power saving yang ada di ASUS Zenfone 2 Laser.


Di Fitur power saver ini, terdapat beberapa option yang dapat dipilih, ada Smart Saving  untuk menambah daya tahan baterai dengan mematikan aplikasi yang tidak begitu dibutuhkan, kemudian ada pula Optimized Mode yang akan memaksimalkan seluruh kemungkinan yang bisa menghemat daya tahan baterai namun tetap menyalakan koneksi internet agar aplikasi sosial maupun email tetap aktif. Ada juga Ultra Power Saving Mode yang akan membuat baterai smartphone memiliki daya tahan yang berkali-kali lipat karena akan menonaktifkan segala kemungkinan yang bisa menyedot daya baterai lebih banyak.


Seperti yang telah saya janjikan di muka, fungsi fitur autofokus laser yang dimiliki oleh ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG membuat hasil foto dari setiap gambar yang kita ambil akan terlihat jernih dan profesional. Laser di ZenFone 2 ini bekerja dengan mengukur jarak dalam kecepatan cahaya dan menerjemahkan fokus hanya dalam waktu 0.2 detik, terutama di kondisi minim cahaya. Outofokus laser juga bisa mempercepepat proses foto close up, dan dibantu pergerakan lensa saat memotret obyek yang lebih jauh.

Selain itu pula, di kamera Zenfone 2 Laser ini dibenamkan begitu banyak teknologi-teknologi baik hardware maupun software yang akan membuktikan kepada anda mengapa teknologi kamera ASUS jauh lebih maju dibanding kompetitor lainnya. Apa saja? Berikut saya akan jelaskan satu persatu:

Kamera Depan dan Belakang

ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG dibekali kamera belakang PixelMaster 8MP dengan apertur lensa f/2.0 untuk mengambil gambar terbaik dengan resolusi tinggi dan tanpa jeda rana. Walau hanya 8MP, gambar yang dihasilkan bahkan akan setara dengan jenis kamera 32MP, dengan adanya mode super resolution dari ASUS. Untuk kamera depannya sendiri dibekali kamera 5MP dengan aperture yang sama dan sudut lebar 85 derajat. sehingga kita tidak perlu mengambil jarak terlalu jauh untuk mendapatkan hasil foto yang lebih luas.


Lampu Kilat Dual LED

Lampu kilat Dual LED Real Tone di ZenFone 2 laser 5.0 ZE500KG menciptakan cahaya paling alami untuk foto dalam ruangan. Saat kita menekan tombol shutter, ZenFone 2 membuat kombinasi sempurna dari cahaya putih dan kuning untuk menghasilkan foto dengan tonal alami sesuai obyek foto kita.

Pixel Master

Teknologi PixelMaster ini yang hingga saat ini menjadi keunggulan ASUS dibanding kompetitor lainnya. Tidak seperti teknologi sejenis dari kompetitor yang memanfaatkan piksel dengan ukuran lebih besar, ASUS menggunakan piksel terdekat untuk menangkap lebih banyak titik cahaya. Dengan menggabungkan piksel yang berdekatan serta algoritma buatan ASUS, PixelMaster berhasil meningkatkan sensitivitas cahaya hingga 400% serta kontras 200% lebih baik dibanding kamera ponsel milik kompetitor. Teknologi Pixel master ini sendiri terdiri dari:

Mode Otomatis dengan Zero Shutter Lag

Zero shutter lag berarti mengambil foto tanpa kehilangan satu momen pun. Dengan ZenFone 2 Laser, apapun yang ada di foto akan terekam secara real-time, sehingga kita bisa merekam keindahan kembang api, senyum si kecil bahkan bintang jatuh yang hanya terjadi sekedipan mata.

Mode Backlight (Super HDR)

Fitur Backlight (HDR) secara otomatis mengambil beberapa gambar dengan teknologi ASUS Pixel Enhancing. Gambar-gambar ini kemudian digabungkan untuk menghasilkan gambar HDR yang detil. Mode Super HDR ini otomatis akan menggambil banyak foto dengan pengaturan nilai eksposur yang berbeda, dan secara dinamis diatur dengan mendeteksi cahaya di sekitar obyek utama. Setelah itu, algoritma Pixel Enhancing akan membuat deteksi lokal yang memberikan jangkauan dinamis sampai 4x lebih luas dan akan membuat gambar menjadi lebih terang sampai 400%, termasuk meningkatkan kontras dan juga detil, agar foto terlihat alami.

Mode Low-Light Tanpa Tanding

Melalui kombinasi teknologi pixel-merging yang menggabungkan 4 piksel terdekat menjadi sebuah piksel baru, dan algoritma pemroses gambar canggih, mode Low Light meningkatkan sensitifitas cahaya sampai 400%. Fitur ini juga meredam noise gambar dan menambah kontras warna sampai 400% untuk foto cahaya rendah yang cerah dan jelas tanpa bantuan lampu kilat.

Mode Super Resolution

Mode Super Resolution di ZenFone 2 Laser menggunakan teknik pemroses gambar spesial (Multiframe Fusion Technology) untuk membuat foto super detil. ZenFone 2 Laser mengambil dan menggabungkan empat foto 8MP untuk membuat satu foto baru yang 4X lebih cerah. Terang atau gelap, Anda tetap bisa menikmati foto yang lebih detail dan bebas noise dengan resolusi sampai 32MP.


Mode Selfie Panorama

Dengan mode spesial ini, diafragma lensa f/2.0, dan sudut pandang 85-derajat milik ZenFone 2 Laser, kita bisa mengambil selfie panorama sampai 140 derajat. Foto diri dan semua teman kita dengan latar belakang pemandangan terbaik. Cukup ikuti petunjuk yang tersedia untuk memutar ZenFone 2 Laser kita dari kiri ke kanan. Selfie juga bahkan dengan lebih dari 10 orang teman bisa dilakukan dengan lebih mudah.


Mode Manual (DSLR dalam genggaman)

Kita dapat melakukan setiap pengaturan kamera ZenFone 2 Laser secara manual. Total ada 13 setelan dan kontrol profesional yang bisa kita atur manual.


Mode Beautification

Mode Beautification di ZenFone 2 Laser membuat kita atau subyek kita terlihat lebih baik dibanding saat memandangnya langsung. Biarkan ZenFone 2 Laser menyeimbangkan fitur di wajah, melembutkan dan menghilangkan noda kulit untuk menghasilkan foto tanpa yang lebih sempurna- semua dilakukan realtime.




ASUS ZenUI memiliki lebih dari 1.000 fitur yang ditingkatkan dari antarmuka standar Android. Kita akan menemukan pengalaman yang lebih cerdas dan simpel, dengan tampilan baru yang bersih sekaligus menyajikan seluruh informasi langsung ke hadapan kita. ZenUI baru terlihat lebih cerah, pintar, simpel dan lebih cantik. Ia dapat mengerti kebutuhan kita, mampu mengekspresikan ide dan perasaan kita serta tetap terkoneksi kemanapun kita pergi.


Antarmuka ZenUI juga didukung dengan hadirnya beragam fitur baru, termasuk ZenMotion dimana kita bisa masuk ke aplikasi atau pengaturan tertentu hanya dengan membentuk misalnya huruf "C" dilayar dengan jari kita, ada pula SnapView dimana kita bisa memisahkan area kerja dan pribadi guna menjaga konten personal kita agar tetap aman, ada juga TrendMicro™ Security dan ZenUI Instant Updates, yang meningkatkan penggunaan, menjamin keamanan dan privasi, serta memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan.



Sebelum mengakhiri artikel ini, saya akan menambahkan spesifikasi lengkap yang dapat anda lihat dibawah ini.

Platform: Android 5.0 (Lollipop)
Pilihan Warna: Black/Ceramic White/Silver/Sheer Gold/Glamour Red
Dimensi: Phone:143.7 x 71.5 x 3.5 ~ 10.5 mm (WxDxH)
Berat: 145 g (dengan baterai)
CPU: Qualcomm MSM8916 QuadCore 1.2GHz
Memori: 2GB LPDDR3 RAM
Storage: 8GB/16GB eMMC Flash 5GB free lifetime ASUS WebStorage
Slot Memori: Micro-SD card (hingga 128 GB)

Teknologi Konektivitas: 
  • WLAN 802.11 b/g/n , 
  • USB 2.0 
  • Bluetooth V4.0+EDR +A2DP, 
  • Dual Micro SIM card, 
  • SIM1 Support2G/3G, 
  • SIM2 Support2G/3G , 
  • Dual SIM Dual Stand By, 
Network Standard: UMTS/WCDMA
  • Data Rate: DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42 Mbps
  • 2G (On selected models) GSM : 850(5)/900(8)/1800(3)/1900(2) 
  • 3G WCDMA :850MHz/900MHz/1900MHz/2100MHz
Navigation: GPS, GLONASS & AGPS
Display
  • 5inches, HD 1280x720TFT 
  • Corning® Gorilla® Glass 4
Baterai Phone: 2070 mAh Prismatic
Kamera
  • Front 5 Mega-Pixel, Auto Focus, PixelMaster, 
  • Rear 8 Mega-Pixel, Auto Focus, Wide View, PixelMaster
Slot Audio: 3.5mm
Sensor: Accelerator/E-Compass/Ambient Light Sensor/Hall Sensor


.......................................******.......................................

Bagaimana? Anda tertarik? Bila anda bertanya berapa sih harga dari ASUS Zenfone 2 Laser ini? Jawabnya ternyata meski dengan semua kelebihan yang dimiliki ASUS Zenfone 2 Laser ini, smartphone dari ASUS ini dibanderol dengan harga yang ramah dikantong loh sobat. Yakni:


Sekian dulu dari saya, semoga hari-hari sobat senantiasa cerah, secerah layar ASUS ya. Terima kasih dan semoga informasi ini bermanfaat.




Referensi dan gambar:
www.asus.com/id
www.theponsel.com/

www.pinterest.com/asushq/




Comments
64 Comments

64 comments:

  1. ini keluar dipasarannya kapan ya? karna masih susah dicari

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah keluar gan, kalau mau lebih mudah pesan online aja

      Delete
  2. baterainya removable ga gan? biar kalau ada masalah bisa langsung diganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya zenfone 2 ini baterainya bisa dilepas. Sebenarnya juga ga masalah sih bisa dilepas atau ga, karna coba diingat2 aja berapa kali kita perlu ganti baterai. jarang atau bahkan tidak pernah kan.

      Delete
  3. pokoknya klo nongol beli. pas2'an kocek jg mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip.. benar gan. ga nyesal deh kalau beli

      Delete
  4. zenfone 2 ini masih naik gak saturasi warna kameranya kayak zenfone sebelumnya?

    ReplyDelete
  5. Wah, makin hari makin keren saja asus ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar banget gan, kualitas memang membuktikan.

      Delete
  6. keren, kayaknya semua yang saya harap dari asus ada di zenfone ini. thanks infonya ya, bermanfaat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, sy bisa bilang zenfone 2 laser memang salah satu masterpiece dari Asus..

      Delete
  7. Harganya ga sampai 2 jutaan, tapi fiturnya josh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar banget gan, layarnya juga sudah pakai corning gorilla glass 4. gimana ga mantap

      Delete
  8. Keluarnya kapan ya? ga sabar langsung nyobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah keluar gan, coba aja cari. tapi kalau mau lebih gampang nyarinya, bisa pesan online.

      Delete
  9. Reviewnya mantap, keren banget. Ingin beli, tapi sayang isi kantong ga mendukung

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih gan, nabung aja.. ini ga mahal kok.

      Delete
  10. Sesuai judulnya kupas tuntas. bener2 dikupas tuntas ini mah.. good job

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, terima kasih gan.. ini saya perlu baca2 banyak artikel dulu, sebelum nulis ini.

      Delete
  11. Apa Zenfone ini cepat panas juga ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga cpat panas gan, karna udah ga pakai intel lagi tp pakai quadcore

      Delete
  12. Apa ini ga berat kalau main game -game berat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu dijamin ga berat gan, karna zenfone ini pakai Ram 2GB...

      Delete
  13. hebat lah asus+android+zenUI ckckckck salah satu hp yang wajib di miliki

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, setuju. kalau mau lihat produk-produk lain dari asus, bisa langsung masuk ke websitenya http://www.asus.com/id/Phone/

      Delete
  14. Does it support qualcomm quick charge 2.0? Anyone tried using qualcomm charger?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm. kalau itu sy juga belum tahu, bisa coba tanya ke asusnya langsung lewat sosmednya

      Delete
  15. keren banget reviewnya, jadi mau cept2 beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih gan, memang banyak yang berminat dengan produk asus ini. Apalagi dengan adanya autofokus laser, foto yang kita ambil akan terlihat lebih profesional.

      terima kasih telah datang berkunjung. :D

      Delete
  16. Saya juga salah satu pengguna zenfone, zenfone 5 sih... tapi itu aja kameranya udah keren banget, apalagi zenfone ini... i wish i have one... btw reviewnya mantap banget, keren.. tiap katanya ga ngebosenin. goodluck ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba eka, Amin... kamera asus memang kualitasnya ga diragukan mba. :D

      Delete
  17. Apa benar harganya segitu ya gan? spechnya high end tapi harganya termasuk murah loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar gan, ga yakin kan? asus zenfone memang begitu gan, high spec tapi harga nyaman di kantong

      Delete
  18. Behhhhhh keren nih artikel, moga menang ya, kunjungan baliknya di http://amir-silangit.blogspot.co.id/2015/11/asus-zenfone-2-laser-50-ze500kg-harga.html and salam kenal dari blogger Kebumen :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih bang amir. udah aku kunjung balik. Salam kenal juga dari blogger anging mammiri.

      Delete
  19. eh lg nyari2 artikel ttg zenfone, ternyata dapat infonya di blog darwin. thanks ya infonya, bermanfaat banget

    ReplyDelete
  20. kenapa di seri ini, asus ngak pakai intel lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih karna banyak permintaan untuk pakai quadcore gan

      Delete
  21. reviewnya sempurna, keren banget.. saya doain dapet zenfone 2 mas. amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin. terima kasih mas/mba. saya habis ngereview, jadi ngiler sama zenfone 2 laser ini..

      Delete
  22. saya setuju banget gan, kapan ya bisa punya hp ini? saya salah satu kopasus juga gan (komando pasukan asus)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih gan. haha, singkatannya kreatif

      Delete
  23. widih, kece,.... zenfone 2 laser ini keren banget ya. mantap juga reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya keren banget. haha. terima kasih telah berkunjung

      Delete
  24. ini dimana ya bisa didapatnya? sy jadi mau nambah koleksi zenfone dirumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa langsung ke asus store aja gan. http://store.asus.com/id/

      Delete
  25. harganya tdk sesuai specnya. specnya tinggi kok harganya murah banget?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha. iya benar banget bung bony...

      Delete
  26. saya sudah setahun ini pakai zenfone 5. itu aja sampai sekarang masih awet, nda pernah ada masalah. Kualitas produk asus memang tidak perlu diragukan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. benar banget mba firdha...saya juga pakai zenfone 5 dan sampe sekarang masih awet.

      Delete
  27. komplit banget reviewnya, keren keren... gudluck ya

    ReplyDelete
  28. dah lama ngincer moto g jadi galau ne gan gara2 liat ne hp

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...jangan sampai galau gan. walau sy ga tau ttg moto g, tp zenfone 2 laser ini salah satu yang paling recomended gan

      Delete
  29. baru baca tadi beritanya di fb eh udah ada launching ternyata. harga murah spek ajib.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar banget gan, spec nya ajib banget

      Delete
  30. saya pakai asus zenfone juga, saya suka banget dengan yg mode beauty kalau mau selfie. hasilnya selalu bagus

    ReplyDelete
  31. Gan.. kog hasil kamera belakang zenfone 2 laswr pnya saya gak jernih ya ada bintik gtu.. knp ya.. dan klo sering saya pake foto dikamera blkgnya panas..mksh

    ReplyDelete

Orang baik meninggalkan pesan