Friday, 5 February 2016

Saya Kecewa dengan #AskBNI



Pertama menggunakan layanan #AskBNI, saya langsung kecewa. Kekecewaan saya karena saya sempat diberikan informasi yang tidak benar. Saya menanyakan perihal bisakah Rekening BNI Tabunganku memiliki Kartu ATM, yang sebelumnya dijawab bisa namun beberapa saat kemudian dijawab tidak bisa. Walau demikian karena masih merupakan layanan baru saya masih bisa memaklumi, layanan ini sepertinya membutuhkan banyak masukan agar tidak lagi mengecewakan para nasabah atau calon nasabah. 

Fitur #AskBNI sendiri merupakan layanan yang dapat memudahkan kita untuk mendapatkan segala informasi mengenai layanan-layanan BNI melalui sosial media. Kita dengan mudah mendapatkan informasi yang kita butuhkan semudah kita berkicau di twitter. Kita cukup menfollow akun @BNI46 kemudian melalui DM kita akan mendapatkan beberapa instruksi, cara pendaftaran dan bagaimana cara mendapat informasi dengan menggunakan hastag #AskBNI.

Peluncuran Layanan #AskBNI, Sumber Gambar: Kompas
Keinginan menanyakan mengenai bisakah BNI Tabunganku memiliki Kartu ATM sebenarnya terbersit sehabis saya melakukan penarikan di BNI beberapa waktu lalu. Sekuriti yang menjaga tempat penarikan nomor antrian menanyakan saya mengapa tidak membuat Kartu ATM nya saja agar tidak perlu repot-repot melakukan penarikan di Bank. Mungkin ingatan beliau begitu kuat, sampai-sampai ingat kalau saya seringkali melakukan penarikan disana.

Kepada sekuriti saya mengatakan, "oh bisa ya pak? Bukannya ATM Tabunganku tidak ada ATM nya". Beliau menjawab, "coba adek ke costumer service aja" namun karena waktu itu saya sedang terburu-buru saya hanya bilang ke beliau, "lain kali aja deh pak". Malamnya karena saya bingung mengenai ini dan takut sesat info, saya kemudian untuk pertama kalinya memberanikan bertanya dengan menggunakan layanan #AskBNI. Yang mengecewakan ternyata sejak 1 oktober 2015, BNI tidak lagi memberikan fasilitas kartu ATM untuk BNI Tabunganku.

Saya dan BNI

Saya menjadi nasabah setia BNI sekitar lima tahun yang lalu ketika masih awal-awal masa kuliah dulu. Saya beruntung mendapat beasiswa dari kampus dimana beasiswa saya akan ditransfer tiap tiga bulan sekali. Waktu itu kampus mensyaratkan untuk menggunakan BNI Tabunganku alasannya agar mahasiswa bisa lebih berhemat karena layanan ini tidak dilengkapi oleh fasilitas Kartu ATM. Keunggulan lain Rekening BNI Tabunganku juga bebas biaya bulanan dan biaya penggantian buku, dua hal ini yang membuat saya betah menggunakan BNI Tabunganku.


Sejak lulus kuliahpun saya masih menggunakan BNI Tabunganku, gaji sayapun setelah bekerja juga ditransfer kerekening saya. Namun sayangnya saya sepertinya dihadapkan masalah baru, sekarang saya mengalami kesulitan ketika ingin mencairkan uang saya di rekening. Dengan waktu kerja saya dari senin hingga sabtu, saya kesulitan karena tidak memiliki waktu banyak untuk antri di bank.

Saat ini saya jadi susah berhemat, saya menjadi sering melakukan penarikan lebih dari yang sebenarnya saya butuhkan. Ini agar saya tidak sering-sering ke bank karena saya kerap telat masuk kerja bila menyempatkan waktu ke bank. Namun sayangnya karena ketidakmampuan memanajemeni keuangan, pada akhirnya tabungan saya jadi cepat habis. Hal ini sangat saya sayangkan.

Apa yang saya pelajari dari kasus saya ini? Saya sepertinya membutuhkan Kartu ATM agar tidak perlu lagi antri di bank langsung, tidak perlu melakukan penarikan dalam jumlah banyak lagi sehingga keuangan saya dapat saya atur dengan lebih baik. Oleh sebab itu, informasi mengenai boleh tidaknya Nasabah BNI Tabunganku mendapatkan fasilitas Kartu ATM kemudian membuat saya merasakan sedikit harapan untuk permasalahan saya. Namun sayangnya fasilitas ini telah ditiadakan semenjak oktober 2015. Saya sepertinya kurang update soal info-info dari Bank BNI sehingga melewatkan kesempatan mendapat fasilitas Kartu ATM ini. Disini saya benar-benar kecewa.

Saya tidak Ingin Membuka Rekening Baru

Ada teman yang menyarankan saya untuk membuka rekening baru yang ada fasilitas Kartu ATMnya, namun saya lebih memilih tetap menggunakan rekening BNI Tabungan saya yang lama. Sebabnya tak lain saya tidak ingin memiliki begitu banyak rekening. Saya menganggap dengan saya memiliki lebih dari satu rekening, saya malah jadi susah memfokuskan seluruh tabungan saya.


Alasan lain juga saya tidak ingin dengan saya membuka rekening baru saya nantinya malah mengabaikan rekening lama saya, khawatir lupa mengisi kemudian menjadi rekening pasif. Selama ini BNI Tabunganku juga telah menjadi bagian dari perjalanan saya, sehingga saya masih ingin terus menggunakannya.

Kelebihan tidak adanya potongan biaya admin tiap bulan dengan BNI Tabunganku juga menjadi penyebab saya susah move on dari BNI Tabunganku. Uang yang kita tabung tidak akan berkurang karena potongan, malah akan semakin bertambah. Selain itu, bila buku tabungan kita telah rusak, kita dapat menggantinya tanpa harus dikenakan biaya pengganti.

Rekening BNI Tabunganku memang bukan rekening yang pertama bagi saya, namun kini hanya satu-satunya yang saya miliki. Ketika masih SMA dulu saya pernah membuka rekening di bank lain, namun kini mungkin telah menjadi rekening pasif karena saya sudah tidak menggunakannya lagi, saya juga lupa dimana saya menyimpan buku tabungannya.

Apa yang Saya Harapkan

Saya berharap kepada BNI untuk kembali memberikan fasilitas Kartu ATM bagi nasabah BNI Tabunganku. Tujuan utama adanya BNI Tabunganku memang untuk menabung atau bisa lebih berhemat. Tapi sebenarnya ini tergantung dari kondisi tiap-tiap nasabah sendiri. Sebagian nasabah bisa saja bisa lebih berhemat tanpa adanya fasilitas Kartu ATM namun sebagian nasabah yang lain justru bisa berhemat dengan adanya fasilitas Kartu ATM.


Saran saya juga untuk layanan #AskBNI agar bisa lebih akurat memberi informasi mengenai layanan-layanan yang dimiliki oleh BNI. Saya mengapresiasi besar adanya layanan #AskBNI untuk memberikan informasi untuk nasabah dan calon nasabah, saya juga mengapresiasi cepatnya layanan #AskBNI ini karena tidak menunggu waktu lama pertanyaan saya kemudian dijawab oleh admin.

BNI selama ini telah menjadi bagian dari saya. BNI telah membantu saya sejak menempu pendidikan dibangku kuliah dulu. Sekali lagi apa yang saya tulis ini hanya masukan agar kedepannya layanan BNI bisa lebih sempurna lagi. Sebagai salah satu bank nasional yang selalu mengedepankan pelayanan, saya berharap BNI tetap memberikan pelayanan terbaiknya dalam melayani negeri kebanggaan bangsa ini.

Kantor Cabang BNI tempat saya sering narik-setor (Dokumentasi Pribadi)


Comments
76 Comments

76 comments:

  1. haha. judulnya menarik. sebaiknya memang sebagai layanan baru membutuhkan saran-saran dari masyarakat agar layanannya makin berkualitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar banget bro. perlu ada masukan2 dari pengguna. Tapi kalau sejauh ini yg sy liat sih kekurangannya cuman yang sempat keliru itu aja. Selebihnya mantap

      Delete
  2. keren banget ya. Rata2 sekarang perusahaan2 besar banyak yg bikin aplikasi serupa. Contohnya garuda, di chat fanpage facebooknya kita bisa bertanya, dan akan langsung dgn cepat dijawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes bener banget. saya juga sudah sempat coba...

      Delete
  3. Keren artikelnya. Beda dgn yang lain. Saya doian menang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Mas ikut lombanya juga ya? Saya doain biar kita sama-sama menang :D

      Delete
  4. Saya juga pakai Tabunganku, lebih irit karena ga ada potongan biaya admin bulanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap... itu salah satu alasan saya kenapa susah move on dari tabunganku

      Delete
  5. Layanan yang baik perlu didukung dengan memberikan saran atau masukan. keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap... keren nih komennya bisa jd quote.. hihi

      Delete
  6. Apa kabar nih? kok lama ga muncul2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik mas husen... jalan2 aja kerumah

      Delete
  7. gan, teman saya pakai tabunganku jg tapi dia ada ATM nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm. mungkin dia buatnya sebelum 1 okt 2015.. jadi sebelum waktu itu mmg masih bisa

      Delete
  8. keren keren....

    ReplyDelete
  9. kalau nanya sisa saldo itu gimana bro? apa bisa jg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wduh kalau itu sy ga tau.. coba tanya lewat #askBNI

      Delete
  10. tulisannya makin keren aja. goodluck (y)

    ReplyDelete
  11. kalau masalah layanan saya mengakui BNI yg terbaik. kalau sy narik di bank, sy nd perlu lama2 mengantri... karna pelayanannya cepet bgt

    ReplyDelete
  12. semoga sukses bro. ingat kalau menang traktir ya.. saya doakan menang

    ReplyDelete
  13. keren artikelnya
    ditunggu ya jejak baliknya :D

    Malu Bertanya Sesat di Jalan, Mau Bertanya Hanya di #AskBNI Yang Menjawab
    http://feridi.blog.upi.edu/2015/12/29/malu-bertanya-sesat-di-jalan-mau-bertanya-hanya-di-askbni-yang-menjawab/

    ReplyDelete
  14. Mau Bertanya? Jangan Malu-Malu #AskBNI .. akan Menjawab !!!
    http://handini.blog.upi.edu/2016/01/01/mau-bertanya-jangan-malu-malu-askbni-akan-menjawab/

    ReplyDelete
  15. Artikelnya menarik gan. Calon Juara ini kayaknya

    ReplyDelete
  16. entah kenapa saya bisa betah bacanya sampai habis ya.. goodluck kak

    ReplyDelete
  17. Kalau nanya sisa saldo bisa lewat #askbni atau tdk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sy kurg tau gan, coba tanya deh pakai hastag #AskBNI

      Delete
  18. kalau saya disuruh memilih mana Bank terbaik menurut sy, saya akan pilih BNI.. soalnya yg lain sering mengecewakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip.. sama dengan saya... Saya ingin BNI jadi lebih baik makanya saya mau kasi sedikit saran aja lewat artikel ini

      Delete
  19. kalau saya baca artikelnya keseluruhan sepertinya tidak begitu kecewa kan ya. Tapi judulnya buat saya tertarik baca sampai habis

    ReplyDelete
  20. Pinter banget mas ini buat judul yang bikin orang kernyitkan dahi terus kesasar kemari haha. Tapi Top deh, sukses ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.iya mba.. terima kasih telah dtg berkunjung

      Delete
  21. Pinter banget mas ini buat judul yang bikin orang kernyitkan dahi terus kesasar kemari haha. Tapi Top deh, sukses ya..

    ReplyDelete
  22. kecewa, tapi memberikan usulan membangun buat BNI. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajib gan.. hehe..
      Terima kasih telah dtg berkunjung

      Delete
  23. Huahahahahaha.....
    akhirnya ane ngeliat penampakan Ente yang sesungguhnya setelah selama ini ngumpet terus :D :D

    kecewa sama #AskBNI...?
    Sama! Ane juga kecewa
    Kenapa...?
    karena pertanyaan ane tentang jodoh ga dijawab :D :D

    btw bagus nih artikelnya bhro, Ane demen bacanya mengalir gitu. benar2 keliatan efek kekecewaaanny (apalagi setelah ngeliat gambar ente wkwkwkw)

    nais share bhro
    Good Luck n Salam Blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkkwkwk,.. sbenarnya sy mau fotonya jaim2 gitu. tp ga tau tiba2 mau narsis aja

      Delete
  24. Hai, mas darwin, kerennn!!"! Saya juga punya Tabunganku Bni tapi Bni syariah, ada fasilitas atm dan sms bangking malah. Sukses ya mempertahankan rekeningnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, iya mba amri.. saya mau prtahnkan tuh rekening selama yg sy bisa...hihi

      Delete
  25. keren artikelnya.. bacanya ngalir ga bikin bosen

    ReplyDelete
  26. BNI Makin kece aja ya dgn layanan #AskBNI nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro... coba aja, nanya langsung...

      Delete
  27. sy punya rekening dibeberapa bank, tp sy jg lebih suka pakai BNI

    ReplyDelete
    Replies
    1. let me guess... pasti naksir sama tellernya kan? Hehe

      Delete
  28. sticker pas nangis bikin ketawa ngakak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti tertawa diatas penderitaan org lain dong. hihi

      Delete
  29. artikelnya bagus nih, banyak memberi masukan, beda dari yang lain (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima mba nadiyah.. kalau itu wajib mba, biar layanannya makin maksimal. hehe

      Delete
  30. kecewa dan memberi masukan... mantap

    ReplyDelete
  31. kalau sy bandingin dgn yang lain, sekurity BNI itu yg paling ramah diantara bank-bank. #nahloh -___-!

    ReplyDelete
  32. keren banget artikelnya...layanan bagus perlu didukung dengan masukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bner banget mas. u got my point

      Delete
  33. saya selama ini juga pakai BNI mas, layanannya cepat sekuritynya baik sama pelanggan

    ReplyDelete
  34. Ditunggu jejak baliknya gan
    Malu Bertanya Sesat di Jalan, Mau Bertanya Hanya di #AskBNI Yang Menjawab
    http://feridi.blog.upi.edu/2015/12/29/malu-bertanya-sesat-di-jalan-mau-bertanya-hanya-di-askbni-yang-menjawab/

    ReplyDelete
  35. Sama gan saya juga kecewa dengan BNI pelayanannya katanya entar entar eh sampe sekarang nggak tau kejelasannya dimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sih kecewa cuman karna ATM tabunganku sudah ga bisa pakai ATM... tapi kalau soal pelayanan, menurut saya BNI salah satu yang terbaik..pelayananya cpat, saking cpatnya pernah sy baru narik nomor antrian, nomor saya langsung dipanggil... :D

      Delete

Orang baik meninggalkan pesan